Ketahui 3 Gereja Tertua di Bandung, Ada yang Berusia 90 Tahun!

Ketahui 3 Gereja Tertua di Bandung, Ada yang Berusia 90 Tahun

Gereja Tertua di Bandung- Peristiwa-peristiwa bersejarah di kota Bandung tidak lepas dari peranan agama. Islam dan Kristiani adalah adalah dua agama besar yang berperan dalam perkembangan kota Bandung. Oleh karena itu banyak ditemukan bangunan keagamaan yang sudah dibangun sejak beberapa puluh tahun yang lalu.

Seperti halnya tiga gereja tertua di Bandung ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Ada yang dibangun sejak 90 tahun lalu, tidak heran banyak umat kristiani yang sering berwisata religi ke sana. Desain bangunannya yang kuno juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Penasaran dengan gereja tertua di Bandung? ini dia informasi lengkapnya untuk kamu!

Gereja Bethel

Ketahui 3 Gereja Tertua di Bandung, Ada yang Berusia 90 Tahun
sumber: pikiranrakyat.com

Jika kamu sedang berada di sekitar Jalan Wastukencana, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, di sana kamu bakal menjumpai bangunan gereja dengan desain kuno yang berdiri kokoh. Yup, Gereja Bethel sudah dibangun sejak tahun 1924. Walaupun memiliki usia hampir satu abad namun gereja ini masih tetap terlihat megah dan terawat.

Awalnya, Gereja Bethel merupakan gereja kecil tempat orang-orang Belanda beribadah dan menyebarkan agama Kristen ke wilayah sekitar. Seiring berjalannya waktu jemaat yang beribadah semakin bertambah banyak. Oleh karenanya atas usul Pendeta J.A. Tijdeman pada tahun 1916, dibangun lah gereja yang lebih tua menggunakan arsitektur, C.P. Wolff Schoemaker. 

Schoemaker membuat desain Gereja Bethel dengan memadukan gaya klasik modern dengan unsur tradisional. Hingga saat ini gereja tertua di Bandung ini masih ramai jemaat. Di beberapa kesempatan, dijumpai wisatawan yang penasaran dengan gereja ini.

Gereja Katedral Bandung 

Ketahui 3 Gereja Tertua di Bandung, Ada yang Berusia 90 Tahun
sumber: wikiwand.com

Dibangun oleh arsitektur yang sama yakni C.P. Wolff Schoemaker, Gereja Katedral Santo Petrus Bandung termasuk gereja tertua di Bandung. Sejak didirikan pada tahun 1895, gereja ini masih berdiri gagah di Jalan Merdeka No.14, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

Pada awal mula berdirinya gereja ini sempat diberi nama St Franciscus Regis. Pada saat itu pun gereja ini hanya memiliki 280 jemaat saja. Baru setelah Bandung mendapat status sebagai kotamadya, barulah gereja ini dibangun kembali dan diberi nama Gereja Katedral Santo Petrus dan dapat menampung 1800 jemaat. Mengusung gaya arsitektur neo-gothic akhir, membuat gereja ini bak bangunan kuno di tengah kota Bandung.

Gereja Bunda Tujuh Kedukaan, Bandung

Ketahui 3 Gereja Tertua di Bandung, Ada yang Berusia 90 Tahun
sumber: pandu.katolik.org

Gereja tertua di Bandung berikutnya adalah Gereja Bunda Tujuh Kedukaan atau biasa disebut dengan Gereja Pandu karena berada di Jalan Pandu No. 4, Bandung. Gereja ini mulai dibangun pada tahun 1935 yang dipimpin oleh Mgr. Jacobus Hubertus Goumans. 

Pada masa penjajahan Jepang, gereja ini sempat mengalami masa-masa genting. Hal itu ketika para pastor dijadikan tawanan di kamp-kamp Jepang. Suster Hildegard OSU dan kedua perawat lah yang menjaga Gereja Pandu supaya tidak dirusak oleh gempuran Jepang. Sampai sekarang gereja ini masih kokoh berdiri dan digunakan untuk beribadah dan berwisata religi bagi umat Kristiani. 

Itulah ulasan mengenai gereja tertua di Bandung. Provinsi Jawa Barat ini memang memiliki banyak bangunan bersejarah bahkan sejak zaman penjajahan Hindia Belanda. Tak heran jika banyak wisatawan yang semakin penasaran dengan Bandung. Nah, buat kamu yang sedang berwisata di Bandung jangan lupa mencoba Bolu Susu Lembang yang juga legendaris, ya. Bisa dijumpai di outlet terdekat atau pesan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?