Mengenal Asal Usul Soto Bandung: Kuliner Nikmat, Tak Pernah Lengkang Oleh Waktu

asal usul soto bandung
asal usul soto bandung
http://lifestyle.kompas.com

Asal Usul Soto Bandung – Siapa yang tidak kenal soto? Makanan nikmat asal Indonesia ini sering hadir dan bahkan banyak dijual di berbagai tempat makan yang ada. Baik di kota mana pun kamu berkelana, kamu akan menemukan berbagai macam jenis soto dengan ciri khas yang dimiliki di tiap daerah. 

Termasuk ketika kamu ingin berkunjung ke kota Bandung, tidak akan lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner tradisional satu ini yaitu soto Bandung. Lalu, apa yang membedakan soto Bandung dengan soto di daerah lainnya? Yuk berkenalan lebih jauh lagi dengan makanan enak ini! Dengan mengenal asal usul Soto Bandung, kamu juga ikut menjaga keberadaan makanan tradisional ini!

Asal Usul Soto Bandung

asal usul soto bandung
http://pinterest.com

Soto diperkirakan merupakan masakan China yang dibawa oleh para pedagang China ke Indonesia, sejak ratusan tahun yang lalu. Nama soto pada awalnya adalah Caudo yang merupakan bahasa Mandarin. Setelah makin dikenal di Indonesia, banyak masyarakat yang menyebut makanan ini dengan nama “Soto”.

Di Indonesia sendiri, soto kemudian divariasikan dengan ciri khas masing-masing daerah. Biasanya soto dibedakan berdasarkan daerah asalnya misalnya soto Lamongan, soto Madura, soto Kudus, soto Betawi, coto Makassar dan masih banyak lagi termasuk salah satunya ada Soto Bandung.

Sama dengan daerah lainnya, asal usul soto Bandung inilah yang membuat makanan tradisional asal Jawa Barat ini menjadi sangat populer di daerah Bandung dan hampir sama dengan soto di Indonesia lainnya, yang membedakan adalah bahan pelengkap yang digunakan.

Bahan dasar pada Soto Bandung ini adalah daging sapi tetelan. Untuk bumbu yang digunakan berupa serai, jahe, lengkuas, garam, gula, serta bumbu yang dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, dan merica. Pada proses pembuatannya, pertama daging direbus dengan air sampai matang. Kemudian di ambil dagingnya dan di potong dadu. 

Kaldu daging yang telah tersaring secara sempurna akan direbus kembali hingga mendidih. Untuk memasak kuahnya, pertama bumbu halus, sangrai, jahe dan lengkuas ditumis sampai harum. Kemudian dicampur ke dalam air kaldu bersama dengan daging sampai empuk. Untuk menambah rasa bisa di tambahkan garam, gula dan penambah rasa sapi secukupnya.

Untuk penyajiannya, Soto Bandung biasanya disajikan dalam mangkok dan di tambahkan bahan pelengkap seperti lobak (sudah di rebus dan di iris tipis), batang seledri, daun bawang, kacang kedelai goreng, dan bawang goreng. Selain itu untuk menambah cita rasa dari Soto Bandung ini sebelum disantap bisa ditambahkan jeruk nipis, sambal dan kecap manis. Wah, membayangkannya saja sudah membuat kamu ngiler bukan?

Memang, soto Bandung ini memiliki cita rasa yang gurih dan segar serta cocok untuk disantap pada saat siang hari ataupun saat hujan. Keunikan yang terdapat pada Soto Bandung ini adalah pada bahan pelengkapnya, yaitu lobak dan taburan kedelai yang sudah di goreng. 

Selain rasa kuahnya yang segar dan dagingnya yang empuk, ada kedelai goreng yang memberikan sensasi yang berbeda saat menyantapnya. Kuah Soto Bandung ini berwarna bening, karena tidak menggunakan santan. Karena itulah kaldu daging sangat terasa dan memberikan cita rasa yang gurih dan aromanya yang menggugah selera.

Soto Bandung ini sangat mudah kamu temukan di kota Bandung, Jawa Barat. Bahkan, hampir semua warung makan masakan Bandung akan menyediakan menu enak ini dengan harga yang terjangkau.

Sudah tidak sabar mencoba makanan lezat ini? Bagi kamu yang berkunjung ke kota Bandung, masakan khas satu ini tidak boleh terlewatkan. Termasuk cemilan lezat dari kota Bandung yaitu Bolu Susu Lembang yang wajib untuk kamu coba juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?