10 Makanan Ringan Khas Sunda: Manis, Gurih, Pedas, Kenyal, Semuanya Ada!

kuliner hits bandung

Mau tahu makanan ringan khas Sunda yang masih bertahan dan digemari banyak orang hingga saat ini? Intip 10 jajanan Sunda di artikel berikut, yuk!

1. Colenak

Makanan ringan khas Sunda ini terbuat dari peuyeum yang merupakan tape khas Bandung. Peuyeum dibakar terlebih dahulu kemudian disajikan dengan saus gula jawa cair dan parutan kelapa. Colenak sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari cara memakan jajanan ini, yaitu “dicocol enak”. 

2. Peuyeum

Seperti yang disebutkan di atas, peuyeum adalah tape khas Bandung yang terbuat dari singkong yang difermentasi sampai setengah matang. Ketahanannya pun bisa lebih lama dari tape yang lain karena teksturnya yang kurang berair. 

3. Bandros

Kalau makanan ringan khas Sunda yang satu ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan kelapa parut. Olahan tersebut dicetak menggunakan cetakan kue pukis yang berbentuk setengah lingkaran dan berjejer banyak, sehingga bentuknya memang mirip dengan kue pukis.

Bandros dihidangkan dengan taburan gula pasir di atasnya. Namun kini, telah banyak penjual bandros yang memberi inovasi baru dalam penambahan rasa. 

4. Gehu pedas

Gehu merupakan singkatan dari ‘tauge di dalam tahu’. Jajanan yang satu ini memiliki cita rasa yang pedas. Meskipun asalnya berisi tauge, namun kini isian gehu semakin bervariasi, ada yang berisi daging ayam, daging sapi, hingga bihun.

5. Baso aci

Jajanan Bandung memang sering menggunakan aci sebagai bahan dasarnya lalu dikreasikan ke dalam berbagai macam hidangan. Kalau dilihat sekilas, bentuknya memang mirip dengan bakso pada umumnya. Namun baso aci tidak menggunakan tambahan daging. Kuahnya pun bening yang kemudian dicampur dengan bubuk cabe pedas yang bikin rasanya makin nampol!

6. Surabi

Surabi adalah makanan ringan khas Sunda yang sering pula disebut sebagai ‘pancake lokal’. Surabi terbuat dari tepung beras dan santan.

Awalnya, kudapan tradisional Jawa Barat ini dihidangkan dengan irisan kelapa di atasnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, muncul inovasi baru yang menciptakan berbagai variasi rasa surabi, seperti vanilla, coklat, stroberi, bahkan oncom.

7. Comro dan misro

Serupa namun tak sama, combro dan misro adalah jajanan yang punya filosofi nama yang unik. Sama-sama terbuat dari bahan dasar parutan singkong, combro dan misro ternyata memiliki cita rasa yang beda. Combro sendiri berasal dari kalimat “oncom di jero” yang berarti “oncom di dalam”. Rasa pedas gurih ditawarkan disini. 

Namun berbeda dengan misro yang berasal dari kalimat “amis di jero” atau “manis di dalam”, mistro justru menawarkan rasa manis karena berisi gula aren di dalamnya.

8. Ali agrem

makanan ringan khas sunda

Ali agrem punya bentuk bulat dan lubang di tengah yang mirip dengan donat. Hanya saja, ukurannya lebih kecil. Makanan ringan khas Sunda ini terbuat dari tepung beras, gula merah yang digoreng, dan kelapa sangrai. Biasanya, jajanan ini sering dihidangkan saat acara pernikahan.

9. Gemblong

makanan ringan khas sunda
Sumber: https://www.kompas.com/

Jajanan yang berbahan dasar tepung beras ketan yang dibentuk bulat dan lonjong ini juga sangat populer, bahkan masih sering dijual sebagai jajanan pasar. Setelah adonan digoreng, gemblong kemudian dilumuri dengan gula aren yang membuatnya punya cita rasa yang manis.

10. Tahu gejrot

makanan ringan khas sunda

Kalau jajanan yang satu ini punya cita rasa yang pedas . Tahu gejrot biasanya disajikan dengan ulekan bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, serta kuah coklat pedas yang terbuat dari kecam, gula jawa, air asam atau cuka. Sedangkan tahu yang digunakan adalah tahu yang dalamnya kosong agar kuah dapat meresap hingga ke dalam tahu. Kamu bisa request level kepedasannya, lho.

Itu dia 10 jajanan khas Sunda yang penggemarnya masih banyak dan masih sering dicari-cari. Kalau soal oleh-oleh khas Sunda, sudah pasti pilihannya jatuh ke Bolu Susu Lembang dong! Teksturnya yang lembut saat digigit bikin siapa saja pasti ketagihan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?