Icip 7 Kuliner Kaki Lima Khas Bandung yang Hits

kuliner kaki lima khas bandung

Belum sah nih kalau ke Bandung tetapi tidak mencicipi beragam kuliner khasnya. Di Bandung, kamu bakal disuguhkan dengan ragam kuliner yang tentunya tidak hanya memanjakan perut tapi juga bakal bikin lidah kamu ikut bergoyang. 

Pilihan kuliner di Bandung memang tak ada habisnya, mulai dari kuliner di cafe hits hingga jajanan legendaris di warung kaki lima semua ada di Bandung.

Kalau bosan dengan makanan cafe dan restoran, cobain deh kuliner kaki lima khas Bandung yang hits dan gak kalah enaknya. 

Cilor

Aci telor alias cilor merupakan kuliner kaki lima khas Bandung yang terbuat dari tepung tapioka atau aci yang digoreng bersama dengan kocokan telur.

Dulu jajanan ini biasa dijajakan di sekolah-sekolah, tapi kini sudah banyak lho pedagang kaki lima lainnya yang ikut menjajakan di berbagai wilayah di Kota Bandung. Bahkan, beberapa daerah di Indonesia juga sudah banyak yang menjual cilor. Meski begitu, kalau ke Bandung gak ada salah ya untuk mencicipi cilor asli khas Bandung ya!

Odading

kuliner kaki lima khas bandung
Sumber Foto :Mamasuka

Beberapa waktu lalu, kuliner kaki lima khas Bandung ini sempat booming di jagat dunia maya. “Odading mang oleh rasanya seperti menjadi Iron man” nah siapa yang baca tulisan ini pakai nada khas Ade Londok yang sempat viral di media sosial? Para netizen pasti udah gak asing deh sama kata-kata itu. 

Jajanan khas Bandung ini tak hanya populer di jagat dunia maya, tapi juga populer di dunia kuliner. Kalau kamu ke Bandung, kamu akan dengan mudah menemukan makanan lezat ini. Biasanya odading dijual bersama dengan cakwe atau kue bantal.

Cireng

Sama seperti cilor, cireng juga punya nama kepanjangan nih! Cireng alias aci di goreng. Seperti namanya, cireng berbahan dasar aci atau tepung tapioka yang diberi bumbu lalu digoreng. Rasanya yang gurih serta tekstur yang empuk dan kenyal membuat kuliner kaki lima khas Bandung ini disukai banyak orang.

Kalau dulu cireng disajikan dengan saus sambal, kini sudah banyak cireng dengan isian yang beragam, seperti cireng isi ayam, sosis, bakso, keju, bahkan ada loh cireng yang disajikan dengan bumbu rujak.

Jika melancong ke Bandung, jangan lupa cicipi Cireng Cipaganti ya! Cireng ini sudah tak diragukan lagi kelezatannya.

Seblak

kuliner kaki lima khas bandung
Sumber Foto : Nuisonk

Para pecinta pedas, wajib banget cobain makanan khas Bandung yang satu ini! Yaps seblak merupakan jajanan khas Bandung yang memiliki cita rasa gurih pedas yang mampu menggoyang lidah. 

Kini seblak tak hanya dijajakan di Bandung saja loh! Beberapa daerah di Indonesia sudah banyak yang memodifikasi seblak dengan beragam isian yang tak kalah lezatnya. Tapi kalau kamu ke Bandung, cobain deh kenikmatan seblak asli Bandung yang sebenarnya.

Lumpia Basah

Tak hanya di Bandung, beberapa daerah di Indonesia juga memiliki jajanan khas seperti lumpia basah. Namun, setiap daerah tentu punya resep dan cita rasa tersendiri, ya! 

Nah kalau lumpia basah asli Bandung ini biasanya menggunakan campuran bahan rebung, tauge, telur, serta siraman saus gula merah yang dibalut dengan kulit lumpia.

Batagor

kuliner kaki lima khas bandung
Sumber Foto : Shutterstock

Kuliner kaki lima khas Bandung ini sih emang gak ada matinya. Sejak dahulu hingga kini, batagor menjadi salah satu jajanan asli Bandung yang digandrungi para foodies. 

Tahu enggak apa arti dan kepanjangan dari batagor? Yaps, batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng yang disajikan dengan saus kacang dan kecap. 

Batagor sendiri ada dua jenis nih, yaitu kuah dan kering. Kamu tinggal pilih deh sukanya yang mana.

Siomay

Hampir sama seperti batagor, siomay biasa disajikan lengkap dengan saus kacang dan kecap. Meski bumbu sausnya sama, soal rasa keduanya tentu berbeda ya. Jika batagor biasanya digoreng, bahan-bahan siomay ini biasanya dikukus. Untuk isiannya, seporsi siomay dilengkapi dengan pare, kentang, tahu, serta sayur kubis.

Selain bisa mencicipi kuliner kaki lima khas Bandung, kamu juga wajib banget cobain oleh-oleh khas Bandung yang melegenda nih! Yaps, apalagi kalau bukan Bolu Susu Lembang. Jangan lupa borong yang banyak untuk oleh-oleh keluarga di rumah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?