Wajib Coba 7 Minuman Bandung yang Enak dan Bikin Nagih!

minuman bandung yang enak

Minuman Bandung – Foodies pasti setuju kan kalau Bandung dinobatkan sebagai surganya wisata kuliner yang enak nan lezat? Pasalnya, Bandung menjadi salah satu kota yang tak hanya menjadi tujuan bagi para pelancong untuk berwisata alam dan belanja, tapi juga menjadi tempat para wisatawan berburu kuliner.

Mulai dari makanan legendaris hingga makanan hits semua mampu menggoda selera. Tak hanya makanannya saja, minuman khas Bandung juga terkenal dengan cita rasa yang lezat. Jika berkunjung ke Bandung, kamu wajib banget cobain 7 minuman Bandung yang enak dan bikin nagih ini ya!

Es Oyen

Warga asli Bandung pasti setuju kalau es oyen menjadi salah satu minuman Bandung yang enak dan bikin ketagihan. Bahkan kenikmatan es oyen ini sudah dikenal sejak 1954.

Meski minuman legendaris asal Bandung ini sudah ada sejak puluhan tahun silam, tapi kekhasan rasanya masih tetap terjaga hingga kini lho! Berkat kepopulerannya, kini kamu bisa menemukan es oyen dengan mudah di Bandung maupun luar daerah. 

Untuk seporsinya, es oyen terdiri dari isian kelapa muda, alpukat, potongan buah nangka, pacar cina, kolang kaling, serutan es yang disiram dengan kental manis.Sekilas sih isinya mirip dengan es goyobod, tapi keduanya tetap memiliki rasa dan bentuk yang berbeda ya.

Es Goyobod

minuman bandung yang enak

Es goyobod, minuman khas Bandung yang terbuat dari tepung hunkwe ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Soal cita rasa, es goyobod ini mempunyai keunikan tersendiri. Perpaduan rasa manis dan gurihnya santan kelapa akan membuat kamu ketagihan deh!

Dalam seporsi es goyobod terdiri dari alpukat, kolang-kaling, pacar cina, tape, roti tawar, serutan es dan  juga siraman kental manis untuk menambah rasa manisnya. Hmm jadi pengen ya?

Es Lilin

Tak hanya menjadi lagu daerah yang ikonik di Bandung, es lilin juga menjadi salah satu minuman Bandung yang enak dan menyegarkan. Apalagi es lilin tersedia dengan banyak varian rasa. Kamu tinggal pilih deh suka yang mana.

Es Cincau Kacang Merah

minuman bandung yang enak
Sumber Foto : Qraved

Minuman satu ini memang sedikit unik dibanding es cincau pada umumnya. Jika biasanya es cincau hanya disajikan dengan serutan es dan siraman sau gula merah, di Bandung kamu akan merasakan es cincau yang berbeda.

Seperti namanya, es cincau kacang merah disajikan bersama cincau yang kental dan kenyal, kuah santan, serta siraman kental manis diatasnya, dan bercampur dengan butiran kacang merah yang memiliki tekstur empuk. 

Es Mambo Lembang

Jika berlibur ke Lembang, jangan lupa untuk mencicipi Es Mambo Lembang ini, ya! Minuman khas Bandung yang enak ini memang cukup populer dan banyak orang yang menyukainya.

Sekilas bentuk es mambo terlihat mirip dengan es lilin, namun es mambo ini juga tersedia dengan varian rasa yang beragam bahkan terkadang ada potongan buah di dalamnya. Meski harganya murah, ukuran es mambo cukup besar. Pasti puas deh!

Bandrek

minuman bandung yang enak
Sumber Foto : Kompas

Tak hanya minuman dinginnya saja, minuman hangat yang menyehatkan ini juga wajib kamu coba. Bandrek sendiri terbuat dari bahan alami, seperti jahe, gula merah, cengkeh, dan kayu manis yang mampu menghangatkan tubuh.

Nah buat kamu yang sedang berkunjung ke Bandung apalagi ke daerah dengan cuaca yang dingin dan sejuk, minuman Bandung yang enak ini cocok dinikmati saat cuaca dingin. 

Yogurt Cisangkuy

Minuman Bandung yang legendaris dan menyehatkan ini wajib kamu coba dan gak boleh terlewatkan. Berbeda dengan yogurt pada umumnya, Yogurt Cisangkuy memiliki cita rasa manis yang dominan dan sedikit asam.

Olahan susu yang satu ini, selain menyehatkan juga menggiurkan. Seperti namanya kamu bisa menemukan Yogurt Cisangkuy di Jalan Cisangkuy No. 85, Bandung Utara.

Selain minumannya, kamu juga wajib mencoba oleh-oleh khas Bandung yang tak kalah enaknya. Juara di mulut dan di perut. Kalau ke Bandung, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh Bolu Susu Lembang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?