7 Makanan Manis Khas Bandung yang Melegenda, Sudah Coba?

makanan manis khas bandung

Makanan Manis Khas Bandung – Saat berkunjung ke Bandung, kamu pasti akan disuguhkan dengan beragam kuliner yang lezat nan menggiurkan. Mulai dari jajanan hits hingga jajanan tradisional yang tetap eksis semua ada di Bandung.

Kalau kamu berkunjung ke Bandung, gak ada salahnya nih cobain sederet makanan manis khas Bandung yang enak nan lezat ini. Makanan khas Bandung ini cocok untuk menemani waktu berliburmu atau bisa juga sebagai camilan pelengkap saat ngeteh. Cobain deh!

Surabi

makanan manis khas bandung
Sumber Foto : Kampungkaleng

Siapa yang tak tahu surabi? Makanan satu ini memang telah dikenal sejak puluhan tahun silam. Bahkan di beberapa daerah, surabi juga memiliki resep dan cita rasa yang khas, termasuk di Bandung.

Selain tersedia varian rasa asin dengan topping oncom, surabi Bandung juga tersedia dalam varian rasa manis yang biasanya disajikan dengan siraman kinca atau gula merah cair.

Bahkan kini sudah banyak pedagang yang menawarkan surabi dengan isian rasa yang enak dan hits, mulai dari keju, coklat, hingga sosis pun ada lho! Tinggal pilih deh kamu sukanya yang mana.

Misro

Misro alias amis dijero atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti manis di dalam. Seperti namanya, misro memiliki cita rasa manis berkat isian gula merah di dalamnya. Sekilas misro terlihat mirip dengan combro karena sama-sama menggunakan bahan dasar singkong yang diparut.

Namun jangan sampai salah ya sebab keduanya memiliki rasa yang berbeda. Perbedaannya, misro bercita rasa manis sedangkan combro bercita rasa gurih dan pedas. 

Meski misro merupakan manis khas Bandung, tapi kini misro mudah didapatkan di beberapa daerah di luar Bandung lho.

Wajit

wajit cililin
Sumber Foto : Foodnesia

Sejak dulu hingga kini, wajit menjadi salah satu makanan manis khas Bandung yang menjadi favorit bagi banyak orang. Orang Bandung asli pasti tahu kan apa ciri khas dari makanan yang satu ini? Yaps, wajit memiliki ciri khas tekstur yang keras di bagian luar namun lembut di bagian dalam.

Jajanan legendaris ini terbuat dari beras ketan, gula aren, dan kelapa dengan cita rasa yang manis dan legit.

Uniknya, wajit dibungkus menggunakan daun jagung kering lalu dibentuk menyerupai kerucut. Selain bisa dimakan begitu saja, wajit juga cocok banget jadi camilan pelengkap saat minum kopi atau ngeteh.

Colenak

Colenak alias dicocol enak. Sama seperti namanya, colenak paling enak disantap dengan cara dicocol. Makanan legendaris khas Bandung ini terbuat dari peuyeum atau tape singkong yang dibakar lalu disiram dengan saus gula cair dan taburan kelapa parut.

Nah, kalau kamu ke Bandung cobain deh colenak yang paling terkenal dan legendaris yaitu Colenak Murdi Putra yang terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani No.733, Padasuka, Kota Bandung.

Awug

makanan manis khas bandung
Sumber Foto : Republika

Makanan manis khas Bandung selanjutnya yang tak kalah enaknya yaitu awug. Jajanan tradisional dan legendaris ini memiliki rasa manis dan legit yang akan membuat kamu ketagihan. 

Kue yang memiliki ciri khas berwarna putih bercampur coklat ini terbuat dari campuran beras, gula merah, parutan kelapa, serta daun pandan sebagai pewangi.

Uniknya, awug ini memiliki bentuk  kerucut seperti nasi tumpeng lho.

Bandros

Jajanan pasar yang satu ini sih selalu jadi buruan para foodies. Jajanan tradisional yang memiliki bentuk mirip kue pukis ini terbuat dari tepung beras, kelapa parut, daun suji yang harum, serta santan.

Untuk penyajiannya, bandros biasa disajikan bersama gula pasir agar rasanya semakin nikmat.

Pisang Bolen

makanan manis khas bandung

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bandung tapi tidak mencicipi makanan manis khas Bandung ini. Seperti namanya, pisang bolen ialah jajanan ini sejenis roti yang dipanggang dengan isian berupa pisang.

Ada info menarik nih, pisang bolen berbeda dengan pisang molen ya! Untuk isian, pisang molen hanya berisi pisang, sementara pisang bolen memiliki lebih banyak varian isi seperti pisang yang bertabur coklat, keju, dan masih banyak lagi. Tekstur dan bahan-bahan untuk membuat kulit keduanya pun sangat berbeda.

Itu dia 7 makanan manis khas Bandung yang enak nan lezat. Selain 7 makanan di atas, kamu juga bisa mencicipi makanan sekaligus oleh-oleh khas Bandung yang tak kalah enaknya. Yaps, Bolu Susu Lembang ini dijamin bakal bikin kamu ketagihan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?