5 Jajanan Aci Khas Bandung yang Gurih dan Bikin Nagih

jajanan aci khas bandung

Jajanan Aci Khas Bandung – Salah satu alasan seseorang ingin berkunjung dan kembali lagi ke Bandung ialah karena kota ini menyimpan banyak destinasi wisata alam, surga belanja, hingga beragam makanan khas yang menggiurkan.

Berbicara soal makanan, makanan Bandung terkenal dengan proses pembuatan yang menggunakan aci atau tepung sagu sebagai bahan dasar utamanya.

Biasanya makanan yang menggunakan aci ini memiliki tekstur kenyal, gurih, dan juga lezat. Sudah tahu jajanan khas Bandung apa saja yang bahan utamanya terbuat dari aci? Berikut ini 5 jajanan aci khas Bandung yang gurih dan bakal bikin kamu nagih!

Cimol

Cimol alias aci digemol atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti aci atau tepung tapioka yang dibulatkan. Seperti namanya, cimol memiliki bentuk bulat-bulat. Sedangkan dalam penyajiannya, cimol digoreng hingga garing lalu diberi taburan varian rasa, seperti balado, keju, ayam bakar, dan varian rasa lainnya.

Tak hanya terkenal di Bandung, kini sudah banyak daerah di Indonesia yang juga menjajakan jajanan enak ini. Biasanya sih cimol dijajakan di sekolah-sekolah ataupun pasar. 

Cilung Jajanan Aci Khas Bandung yang Gurih

jajanan aci khas bandung
Sumber Foto : Bobogrid

Jajanan aci khas Bandung yang satu ini dinamakan cilung karena proses penggorengannya di gulung dan dililit menggunakan tusuk sate. 

Uniknya, adonan cilung ini tidak dibentuk terlebih dahulu, melainkan dibuat menjadi lebih cair lalu digoreng kemudian diberi taburan bumbu serundeng yang gurih nan lezat.

Cilor

Makanan khas Bandung yang belum lama ini hits dan selalu jadi buruan para pecinta kuliner yaitu cilor. Sama seperti cimol, makanan yang satu ini juga memiliki kepanjangan yaitu aci telor. Menariknya, jajanan ini berbentuk kotak-kotak kecil dan sebelum digoreng adonan cilor dikukus terlebih dahulu.

Proses pembuatannya, cilor dimasak dalam wajan cetakan bulat lalu digoreng bersama dengan kocokan telur. Agar rasanya semakin nikmat, cilor dihidangkan dengan beragam varian bumbu bubuk ataupun saus sambal.

Di beberapa tempat, cilor juga ada yang disajikan dengan cara ditusuk dengan menggunakan tusuk sate lalu dicelupkan bersama kocokan telur.Tekstur telur yang digoreng akan menghasilkan sensasi renyah berpadu dengan aci yang bertekstur kenyal dijamin rasanya bikin kamu ketagihan.

Cireng

Jajanan aci khas Bandung selanjutnya yang gurih dan bikin nagih yaitu cireng. Jajanan asal Bandung yang satu ini sudah tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Bahkan, cireng menjadi salah satu makanan yang paling banyak diminati.

Sama seperti makanan lainnya, cireng juga merupakan sebuah singkatan dari “Aci Digoreng”. Kalau dulu cireng hanya disajikan dengan saus sambal, kini cireng sudah tersedia beragam isian di dalamnya. Mulai dari keju, sosis, kornet, ayam, hingga bakso. Bahkan, ada cireng yang disajikan bersama dengan sambal rujak yang menyegarkan.

Baso Aci

jajanan aci khas bandung
Sumber Foto : Travelkompas

Pecinta masakan pedas wajib banget cobain jajanan khas Bandung yang satu ini. Yaps, baso aci merupakan hidangan berkuah berbahan dasar aci lengkap dengan bahan tambahan seperti tahu, cuanki, bakso daging, dan taburan pilus renyah.

Tampilan baso aci terlihat sama seperti sajian bakso kuah pada umumnya, namun kuah baso aci lebih gurih karena dikucuri jeruk limau yang segar.

Nah itu dia jajanan aci khas Bandung yang gurih dan bikin nagih. Sudah coba yang mana? Jangan lupa untuk mencicipi Bolu Susu Lembang, oleh-oleh khas Bandung yang tak kalah enaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?