Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Sederet Prestasinya

Wali Kota Bandung Ridwan kamil- Mantan wali kota Bandung yang saat ini menjadi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terkenal sebagai ‘Wali Kota Gaul’. Pasalnya, Ridwal Kamil memang selalu tampil dengan gaya yang nyentrik dan kekinian.

Namun, dibalik semua gaya tersebut, Kang Emil, sapaan orang-orang kepadanya punya sederet prestasi. Apa saja? Yuk. Simak informasi selengkapnya di artikel ini.

Profil Ridwan Kamil

Kang Emil, lahir pada tanggal  04 oktober 1971 mengawali karirnya sebagai seorang Arsitek. Banyak karyanya yang terkenal, salah satunya adalah museum Tsunami di Aceh. Karya-karyanya tersebut tak lepas dari kegemarannya membaca dan berimajinasi tinggi sejak Sekolah Dasar.

Hobinya tersebut berlanjut hingga SMP dan SMA. Tak heran, Emil muda menjadi salah satu lulusan terbaik di Universitas Institute Teknologi Bandung jurusan teknik arsitektur dan lulus pada tahun 1995. Selanjutnya, ia bekerja di Amerika Serikat, di sana juga ia melanjutkan studi S2 di Universitas Of California, Berkeley.

Pada tahun 2002, Kang Emil pulang ke tanah air. Berbekal pengalammnya selama di negeri Paman Sam tersebut, Kang Emil mendirikan Urbane yang bergerak dalam bidang jasa konsultan perencanaan, arsitektur dan desain.

Adapun karya-karyanya di dalam negeri antara lain Universitas Tarumanegara Kampus 1 Jakarta, Masjid Agung Sumatra Barat, Paramount Expo Surabaya, Masjid Cibubur Bogor, Bintaro X-Change Tanggerang , Kota Jababeka Remasterplan Cikarang, Kampus UMN Serpong, Jembatan Westdrain Ancol, Bottle House (Rumah Botol) Bandung, dan Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan Kab. Bandung Barat.

Prestasi-Prestasi Ridwan Kamil

Pada saat pemilihan wali kota Bandung tahun 2013, Kang Emil dicalonkan berpasangan dengan  Oded Muhammad Danial untuk menjadi Wali Kota Bandung oleh Partai Keadilan Sejahtera dan hasilnya menang telak. Tak hanya itu, sederet prestasi ia dapatkan ketika menjadi wali kota Bandung.

Selamat menjabat wali kota pada kurun waktu 2013-2017. Kang emil mendapatkan ratusan prestasi yang membanggakan. Tercatat, ada sekitar 299 penghargaan Pemkot Bandung, diantaranya 86 penghargaan provinsi, 200 penghargaan nasional, dan 13 penghargaan internasional.

Selain itu, Pemkot Bandung juga pernah menerima penghargaan sebagai kota Peduli Hak Asasi Manusia pada tahun 2017, kota cerdas pada tahun 2017, serta kota terbaik dalam kepatuhan dan kualitas tata kelola terbuka tahun 2017.

Bagi dirinya, tugas seorang pemimpin adalah membawa perubahan dan kemajuan di kota yang dipimpinnya. Atas semua prestasi yang diraih selama menjabat wali kota Bandung, Kang Emil telah banyak mengorbankan tenaga, fikiran dan waktunya.

Nah, itulah sederet informasi tentang prestasi wali kota Badung  Ridwan Kamil. Tak hanya itu, Bandung juga punya ciri khas dari segi kulinernya. Salah satu yang cukup terkenal adalah Bolu Susu Lembang yang sering menjadi favorit wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?