5 Fakta Unik Asal Usul Cireng Bandung

5 Fakta Unik Asal Usul Cireng Bandung

Asal Usul Cireng – Seperti yang kita tahu, Bandung adalah sumber dari makanan-makanan enak baik makanan berat maupun camilan. Cireng adalah camilan yang paling terkenal dan digemari bahkan oleh orang-orang di luar Bandung. Dengan citarasa gurih dan pedas, cireng memang cocok bagi lidah orang Indonesia. 

Selain itu, penjual cireng juga bisa dijumpai dimanapun. Gerobak cireng biasa dijumpai di pinggir jalan. Dengan harga seribu, kamu sudah bisa menikmati cireng yang lezat. Namun apakah kamu pernah berpikir tentang asal usul cireng Bandung? bagaimana sejarah awal cemilan khas Sunda ini? yuk simak penjelasannya berikut ini. 

Cireng Sudah Ada Sejak Tahun 70-an

5 Fakta Unik Asal Usul Cireng Bandung
(sumber: wiratech.com)

Mengenai asal usul cireng Bandung, ada banyak versi yang menyebutkan tahun ditemukannya. Ada yang mengatakan tahun 1980-an ada pula yang menyebutkan tahun 1970-an. Hal ini karena warga Sunda pada saat itu, memang pandai dalam mengolah singkong yaitu bahan dasar dari tepung aci.

Singkong yang sudah dipanen, diparut kemudian dikeringkan hingga menjadi tepung. Tepung yang sudah kering diolah menjadi berbagai jenis makanan termasuk cireng ini, ya.

Sebagai Makanan Rakyat Jelata

5 Fakta Unik Asal Usul Cireng Bandung
(Sumber: topwisata.com)

Karena pada saat itu masyarakat Bandung sulit untuk mendapatkan makanan pokok seperti beras atau roti, maka mereka berinisiatif untuk menciptakan makanan yang bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat terutama rakyat biasa.

Inilah yang menjadi asal usul cireng Bandung. Singkong yang pada dasarnya mudah untuk ditanam diolah menjadi berbagai makanan hingga camilan termasuk cireng.

Mengapa Diberi Nama Cireng?

Seperti yang kita tahu, asal usul cireng Bandung merupakan singkatan dari aci digoreng. Dalam penamaan, Sunda memang gemar memberikan nama makanan dengan menyingkatnya. Seperti cilok singkatan dari aci dicolok, cilung singkatan dari aci digulung dan lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, hal ini karena warga Bandung sendiri memang memiliki watak yang sederhana dan simpel. Sehingga memberi nama makanan pun membuat yang mudah diingat.

Cara Pembuatannya yang Mudah

5 Fakta Unik Asal Usul Cireng Bandung
(sumber: alodokter)

Bahan dan proses pembuatan cireng tergolong sangat mudah, bahkan semua orang bisa membuatnya, lho. Terdiri dari bahan baku tepung tapioka atau tepung singkong.

Ditambah dengan bumbu garam, bawang putih, dan daun bawang. Rasanya gurih, renyah di luar dan lembut di dalam. Paling cocok dicocol dengan bumbu rujak atau sambal. Jajanan Bandung ini cocok banget buat camilan di rumah selama masa karantina!

Varian Rasa Cireng

5 Fakta Unik Asal Usul Cireng Bandung
(sumber: cookpad)

Dengan rasa yang mudah diterima masyarakat, cireng kemudian terkenal sampai ke daerah luar Bandung. Seiring perkembangan zaman, Cireng kemudian berinovasi menjadi berbagai varian rasa.

Seperti cireng isi keju, ayam suwir dan lain-lain. Penggemarnya yang semakin banyak sehingga muncul penjual cireng frozen yang bisa digoreng kapanpun, lho. Jadi praktis banget kalau tiba-tiba lagi pengen ngemil cireng.

Nah, itu dia fakta unik dari asal usul cireng Bandung yang terkenal gurih dan nikmat. Kamu sudah pernah makan cireng bukan? kalau sedang di Bandung wajib banget cobain makanan ini di tempat asalnya, bakal beda gak ya? Biasanya cireng juga dibawa untuk oleh-oleh, lho. Jika dimasukkan ke dalam freezer, cireng bisa tahan beberapa hari.

Oleh-oleh makanan khas Bandung bercita rasa asin bisa diwakili oleh cireng, nah untuk makanan khas bercita rasa manis, Bolu Susu Lembang adalah jawabannya. Bisa menemani kamu ngopi atau sebagai suguhan saat bercengkerama bersama rekan kerja. Yuk cobain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?