5 Makanan Manis di Bandung Ini Cocok Jadi Camilan Penutup Kulinermu!

5 makanan khas bandung

Makanan Manis di Bandung – Siapa yang tidak suka dengan makanan manis? Bahkan di kota Bandung kamu bisa dengan mudah kamu menemukan berbagai makanan enak dari yang gurih hingga manis sekalipun.

Selain rasanya yang enak dan cocok untuk camilan di pagi atau sore hari, harga makanan manis di Bandung berikut ini pun ramah di kantong. Pas banget deh untuk menemani liburanmu selama di kota ini! Tidak percaya? Check this out!

Colenak

makanan manis di bandung
http://suara.com

Colenak merupakan makanan manis di Bandung yang terbuat dari peuyeum alias tape singkong yang dibakar dengan tambahan gula jawa cair dan parutan kelapa muda. Rasa manisnya yang khas dan menyegarkan membuat colenak sangat pas untuk dijadikan camilan sembari minum kopi di pagi atau sore hari. Apalagi jika dinikmati selagi hangat, makin nikmat deh pastinya!

Colenak sendiri berasal dari singkatan dicocol enak. Cara makan tape bakarnya yang dicocol ke dalam saus gula dan rasanya yang enak, membuat makanan ini dinamai colenak. Meskipun termasuk salah satu makanan tradisional, penganan ini cukup terkenal lho! Apalagi saat salah satu menu enak ini sempat disajikan kepada tamu negara dalam Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955. Keren ya!

Wajit Cililin

Wajit Cililin merupakan penganan khas Bandung Barat yang terbuat dari beras ketan, gula aren, dan kelapa dengan cita rasa yang manis dan legit. Selain enak, Wajit Cililin juga mempunyai kemasan yang unik di mana kamu bisa menemukan makanan ini dalam bentuk kerucut dan dibungkus menggunakan daun jagung kering.

Ciri khas dari penganan yang satu ini adalah teksturnya yang keras di bagian luar namun lembut di bagian dalamnya. Di Bandung, Wajit Cililin biasanya dijadikan teman setia minum kopi pahit atau teh tawar di pagi atau sore hari. Lengkap banget deh!

Ali Agrem

makanan manis di bandung
http://tandaseru.id

Ali agrem merupakan penganan manis khas sunda yang berbentuk seperti donat namun berukuran lebih kecil. Bentuknya yang mungil, seringkali disebut sebagai donat khas Sunda. Dinamai kue ali agrem karena bentuknya yang menyerupai cincin. 

Dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah sebagai pemanis, kue berwarna coklat ini mempunyai rasa yang manis dan legit, sehingga cocok banget dinikmati bersama secangkir kopi pahit atau teh tawar hangat.

Awug

Awug merupakan salah satu jajanan tradisional yang cukup legendaris di kota Bandung. Awug sendiri terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, parutan kelapa dan daun pandan sebagai pewangi. Menariknya, penganan ini memiliki bentuk seperti nasi tumpeng karena dikukus menggunakan anyaman bambu berbentuk kerucut yang di daerah sunda disebut aseupan.

Kue yang berwarna putih bercampur coklat ini cocok untuk menjadi pelengkap teman minum kopi atau teh saat menikmati kesejukan udara kota Bandung. Jangan lupa menikmatinya bersama keluarga ataupun kerabat ya!

Bolu Susu Lembang

makanan manis di bandung
http://bolulembang.co.id

Bolu Susu Lembang menjadi salah satu makanan manis di Bandung yang sudah terkenal di kalangan warga kota ini. Yang membuat camilan manis ini disukai karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang nikmat. Bolu Susu Lembang ini memiliki bahan utama dari susu sehingga memiliki tekstur yang lembut dan moist.

Ada berbagai macam varian rasa yang bisa kamu coba juga mulai dari original, coklat, vanilla hingga coklat kacang. Makin nikmat lagi jika dimakan saat pagi hari atau sore hari sambil ngeteh cantik!

Kira-kira dari 5 rekomendasi makanan manis di Bandung yang enak ini, mana sih yang paling ingin kamu coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?