5 Kuliner Pagi Khas Bandung yang Lezat dan Legendaris

kuliner pagi khas bandung

Berwisata ke suatu kota tentu saja harus memiliki kenangan istimewa. Kenangan ini memang harus dibarengi dengan semangat dari pagi hingga malam alias jangan sampai melewatkan satu waktupun untuk bermalasan dan tidak mau keluar. Nah, salah satunya sih dengan menjadi kuliner pagi khas Bandung untuk memulai hari.

Memangnya siapa sih yang tidak tahu jika Bandung memiliki makanan khas yang cocok dinikmati dari pagi hingga malam? Semuanya ada dan kita tinggal memilih mau makan apa untuk sarapan, makan siang, makan malam, hingga cemilan dan untuk dijadikan oleh-oleh.

Karena baru pertama kali ke Bandung, bingung ya untuk menentukan menu sarapan? Kamu bisa nih menengok daftar 5 kuliner pagi khas Bandung berikut sebagai referensi sarapanmu. Yuk, langsung disimak saja!

1. Kupat Tahu Gempol

Kupat tahu menjadi menu sarapan yang tidak pernah salah memang. Ketika kamu berlibur di Bandung, kupat tahu yang bisa kamu cicip adalah kupat tahu gempol yang lezat dan tentu saja memberikan energi yang sangat pas untuk memulai hari.

Yang paling legendaris dari kuliner pagi khas Bandung ini terdapat di Jalan Gempol Kulon Nomor 53. Bukanya dari pukul 5.30 dan tutup pukul 10.00. Kamu cukup menyediakan uang mulai dari Rp17.000 untuk menikmati satu porsi kupat tahu gempol.

2. Batagor

kuliner pagi khas bandung
batagor/cookpad

Bakwan tahu goreng atau yang biasa dikenal sebagai batagor menjadi pilihan menu sarapan yang paling pas ketika di Bandung. Kenapa? Karena kuliner pagi khas Bandung ini memiliki porsi yang pas untuk dinikmati di pagi hari.

Jika di Bandung, biasanya sajian batagor berbeda dengan batagor yang dijual di kota lain loh. Di Bandung, satu porsi batagor berisi bakwan dan tahu goreng, taoge, irisan timun lalu disiram bumbu kacang lezat yang gurih.

3. Lontong Kari

Lontong kari menjadi kuliner pagi khas Bandung yang banyak digemari oleh wisatawan. Porsinya yang pas membuat kita bisa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Satu porsi lontong kari berisi potongan lontong, telur rebus, lalu sayur kari dengan irisan daging ayam atau daging sapi yang disuwir. Tak lupa, kerupung udang atau emping juga tersaji bersamaan dengan sambal merah yang lezat.

4. Sate Jando

Sarapan dengan menyantap sate? Kenapa tidak? Terlebih, di Bandung memang terkenal dengan menu sarapan berupa sate jando.

Sate jando ini sama seperti sate pada umumnya kok. Disajikan bersama dengan potongan lontong lalu disiram dengan bumbu kacang dan kucuran kecap. Jika ingin pedas juga bisa rikues sambal. Harga per porsinya hanya Rp24.000 saja.

5. Kembang Tahu

kuliner pagi khas bandung
kembang tahu/google.com

Kembang tahu memang menjadi menu sarapan yang sangat cocok, terlebih bagi seseorang yang tidak biasa menyantap makanan berat di pagi hari. Rasanya yang lembut dan manis membuat lambung terasa begitu hangat karena diberi kuah wedang jahe yang nikmat.

Satu porsi kembang tahu hanya seharga Rp8.000 saja dan kita bisa kenyang. Murah sekali, kan?

Itulah 5 kuliner pagi khas Bandung yang bisa kamu nikmati untuk memulai hari. Jangan khawatir, untuk makan siang hingga malam juga banyak pilihannya kok di Kota Kembang ini. Bahkan, jajanan khas untuk oleh-oleh pun ada.

Salah satu jajanan yang cocok dijadikan oleh-oleh sih Bolu Susu Lembang. Kenapa? Tentu saja alasan utama adalah rasanya yang lezat. Bolu Susu Lembang juga awet sehingga bisa dibawa keluar kota untuk dibagi ke teman dan saudara di rumah. Harganya? Jangan ditanya, sangat murah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?