5 Kuliner Khas Bandung yang Wajib Dicicipi Wisatawan

kuliner khas bandung

Mengunjungi suatu kota tentu saja harus mencicipi kuliner khasnya. Dengan begini, kita juga bisa memiliki banyak referensi makanan yang bisa dicicip atau bahkan dilakukan recreate di rumah. Nah, ketika ke Bandung tentu saja harus mencoba kuliner khas Bandung.

Tidak perlu bingung mengenai daftar kuliner yang harus dicoba karena kamu bisa menyimak 5 kuliner khas Bandung berikut yang harus banget kamu cicipi ketika berkunjung ke Kota Kembang ini.

Tidak perlu berlama-lama, yuk langsung simak saja 7 kuliner khas Bandung berikut!

1. Mie Kocok

Olahan mie di setiap daerah tentu saja memiliki kekhasan masing-masing. Kuliner khas Bandung berupa mie yang paling terkenal adalah mie kocok. Mie ini sangat khas karena memiliki lebih dari 25 bumbu rempah sehingga membuat cita rasa olahan mie ini begitu lezat dan membuat ketagihan.

Mie kocok biasanya memiliki isian berupa potongan kikil, tauge, sawi, daun seledri, hingga bawang goreng yang membuat cita rasa gurih semakin membuat ketagihan. Harga per porsinya hanya Rp25.000 saja.

2. Seblak

kuliner khas bandung
seblak bandung/google.com

Nah, siapa sih yang tidak tahu seblak? Kuliner khas Bandung ini memang sudah banyak dijumpai di banyak tempat tetapi tentu saja cita rasanya tidak ada yang bisa menandingi yang dijual di Bandung.

Banyak orang Bandung yang akan mengeluh ketika mencicipi seblak di luar Kota Bandung. Biasanya mereka akan menolak beberapa seblak dari daerah lain karena tidak memiliki kencur berlimpang di dalamnya. Hal tersebut karena bumbu kunci dari seblak adalah kencur.

3. Surabi

Surabi menjadi kuliner khas Bandung yang sudah terkenal di banyak daerah. Meskipun daerah lain juga memiliki jenis makanan ini, seperti serabi Solo, tetapi tentu saja berbeda rasanya.

Surabi Bandung biasanya berbentuk mini dengan tekstur lembut. Rasa santan dan kelapanya sangat terasa sehingga membuatnya terasa manis dan gurih ketika dinikmati.

4. Cuanki

kuliner khas bandung
cuanki/google.com

Cuanki menjadi kuliner khas Bandung yang jangan sampai terlewat. Rasanya yang menyegarkan sangat cocok untuk dinikmati ketika suasana dingin menerjang, ya di Bandung pasti berhawa dingin, kan, jadi cocok disantap kapan pun!

Kuliner khas Bandung ini adalah bakso berkuah dengan tambahan pangsit rebus, aci, dan siomay goreng yang lezat. Kuahnya sangat segar dengan cita rasa gurih.

5. Gehu Jeletot

kuliner khas bandung
gehu jeletot/google.com

Tahu goreng menjadi makanan yang tidak boleh terlewat. Nah, Bandung memiliki makanan khas berupa tahu goreng yang begitu lezat nih. Namanya gehu jeletot. Nama yang unik, kan?

Gehu jeletot ini sebenarnya mirip tahu isi, bedanya adalah gehu jeletot selalu bercita rasa pedas. Dan, selain isian sayur seperti tahu isi lainnya, gehu jeletot juga biasanya terdapat irisan daging sapi loh sehingga tidak heran jika harganya lebih mahal dibanding tahu isi pada umumnya.

Itulah 5 kuliner khas Bandung yang bisa kamu cicipi sebagai cemilan penunda lapar. Iya, cemilan, karena porsinya memang tidak terlalu banyak dan dijamin ketagihan. Sayangnya, kuliner khas tersebut memang harus dimakan dalam kondisi hangat dan tidak bisa bertahan lama untuk dijadikan buah tangan.

Akan tetapi, jangan khawatir! Kamu bisa kok membeli oleh-oleh khas Bandung lainnya dalam bentuk makanan, seperti Bolu Susu Lembang. Rasanya yang khas dan begitu lezat dan awet berhari-hari meskipun disimpan di luar lemari pendingin sehingga bisa dibawa keluar kota.

Gerai yang menjual Bolu Susu Lembang juga sudah menjamur loh sehingga tidak perlu bingung bisa membeli bolu lezat ini di mana. Dan, yang paling penting adalah, harganya yang sangat hemat di kantong sehingga bisa membeli dalam jumlah banyak untuk dibagi-bagi kepada kerabat di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?