5 Makanan Khas Bandung yang Setiap Wisatawan Tidak Boleh Lewati

5 makanan khas bandung

Berwisata kuliner di Bandung menjadi kegiatan paling seru untuk mengisi waktu liburan. Terlebih, kota ini memang terkenal dengan makanan-makanan lezatnya yang memanjakan lidah. Jika kamu berkunjung ke kota ini, jangan lewatkan 5 makanan khas Bandung berikut ya!

Memang banyak yang bisa kita cicipi ketika berkunjung ke Bandung, tetapi 5 makanan khas Bandung ini menjadi makanan wajib yang tidak boleh terlewat atau akan menyesal karena rasa di daerah lain akan berbeda.

Nah, apa saja sih memangnya 5 makanan khas Bandung yang wajib dicoba ini? Yuk, langsung simak saja penjelasan berikut!

1. Peuyeum

Posisi pertama dari 5 makanan khas Bandung adalah peuyeum. Coba, siapa sih yang tidak tahu peuyeum? Makanan khas yang terbuat dari singkong yang difermentasi sehingga rasanya begitu khas ini banyak digemari oleh masyarakat. Wisatawan yang berkunjung ke Bandung pasti melirik makanan ini untuk dijadikan oleh-oleh.

Tidak hanya disantap begitu saja, biasanya peuyeum juga dimasak dalam bentuk lain yang cita rasanya tidak kalah lezat, seperti peuyeum goreng.

2. Cireng

5 makanan khas bandung
cireng/google.com

Jadi, Bandung memang memiliki banyak ragam makanan yang bahan dasarnya berupa tepung kanji atau aci. Selain cilok yang begitu terkenal, juga adalah cireng.

Nama cireng diambil dari singkatan aci digoreng. Rasanya gurih dan garing di luar, tetapi bagian dalam sangat lembut dan chewy sehingga rasanya begitu lezat. Kamu bisa membelinya melalui pedagang gorengan di pinggir jalan dengan harga hanya Rp500 per buah.

Cireng sangat cocok untuk disantap bersama sambal rujak dengan cita rasa yang pedas, manis, dan agak asam.

3. Bolu Susu Lembang

5 makanan khas bandung
bolu susu lembang

Kue bolu memang sedang banyak dijual di mana-mana. Nah, jika kamu berkunjung ke Bandung, maka Bolu Susu Lembang tidak boleh dilewatkan karena ini menjadi salah satu makanan khas Bandung yang cocok untuk disantap ketika sedang bersantai.

Rasanya yang lembut dengan variasi rasa yang beragam memberikan pilihan yang cocok untuk wisatawan. Terlebih, Bolu Susu Lembang ini bisa dijumpai di banyak tempat sehingga mudah dibeli. Eh, bisa dibeli melalui ecommerce juga loh.

4. Surabi

5 makanan khas bandung
surabi bandung/google.com

Nah, siapa yang tidak menggemari surabi Bandung? Salah satu dari 5 makanan khas Bandung ini sangat cocok untuk disantap ketika sore hari bersama teh atau kopi panas. Rasanya gurih dengan bagian dalam yang lembut.

Variasi rasanya beragam, mulai dari original yang hanya berasa gurih dari santan dan parutan kelapa hingga taburan keju di atasnya. Mana yang paling lezat? Tentu saja tergantung selera ya.

5. Basreng

5 makanan khas bandung
basreng bandung/lazada.com

Jika biasanya bakso disajikan dalam bentuk porsi kuah, kali ini berbeda karena bentuknya adalah pipih dengan cita rasa gurih dan kriuk. Basreng atau bakso goreng memang jajanan khas Bandung yang tidak boleh dilewatkan. Biasanya sih bercita rasa pedas dengan taburan bubuk cabe yang melimpah.

Itulah 5 makanan khas Bandung yang harus kamu coba saat berkunjung ke Kota Kembang. Bagaimana? Sudah pernah mencoba salah satunya atau bahkan kelimanya? Bikin ketagihan karena rasanya sangat lezat, bukan?

Nah, terkhusus Bolu Susu Lembang, tentu saja juga bisa dijadikan oleh-oleh makanan khas Bandung yang berbeda daripada biasanya? Apalagi bolu ini awet disimpan dalam waktu yang lama sehingga bisa dibawa keluar kota untuk dibagikan kepada kerabat di rumah.

Rasa Bolu Susu Lembang tidak bisa diragukan lagi kelezatannya. Harganya juga murah sehingga kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak untuk dibagi-bagi ke rekan kerja hingga tetangga rumah. Pokoknya, worth to buy deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?