Asal-Usul Cilok Bandung, Makanan Favorit Semua Kalangan

asal-usul cilokl bandung

Siapa sih yang tidak menyukai jajanan yang terbuat dari aci bernama cilok ini? Bentuknya yang bulat dengan cita rasa kenyal menjadi makanan favorit semua kalangan. Nah, sebenarnya bagaimana ya asal-usul cilok Bandung ini?

Bagi kamu yang memiliki rasa penasaran tinggi, tentu saja ingin tahu bukan bagaimana cerita cilok bermula? Apalagi cilok juga dijumpai di banyak daerah sehingga menimbulkan pertanyaan lainnya: apa sih memangnya beda cilok Bandung dan daerah lainnya?

Supaya menjawab rasa penasaran kamu, yuk langsung simak saja penjelasan mengenai asal-usul cilok Bandung berikut!

Arti Nama Cilok

asal-usul cilokl bandung
cimol pedang kaki lima/google.com

Seperti yang kita semua tahu, cilok terbuat dari adonan aci yang ditambah dengan beberapa bumbu penyedap seperti garam. Nah, nama cilok juga berkaitan dengan bahan bakunya loh.

Betul sekali, cilok berasal dari gabungan aci dan dicolok sebagai proses ketika memakan. Aci, seperti yang kita tahu, adalah tepung kanji; dan dicolok artinya ditusuk. Jadi, cilok berarti olahan jajanan dari tepung kanji yang ditusuk ketika akan memakannya.

Biasanya, cilok dijual oleh pedagang keliling yang akan mangkal di dekat sekolah. Karena target mereka memang anak-anak sekolah, bisa SD hingga SMA, harganya memang sangat murah, hanya Rp500 per buah yang bisa dipesan berapapun untuk satu porsinya.

Apa Beda Cilok Bandung dan Cilok Daerah Lain?

Seperti halnya variasi sate yang terdapat di Ponorogo, Bali, Padang, dan daerah lainnya, cilok juga demikian loh. Jika asal-usul cilok Bandung biasanya khas dengan cerita sambal kacang yang disajikan bersama makanan berbahan aci ini, maka tidak dengan cilok dari daerah lain.

Inilah yang membedakan cilok Bandung dan cilok dari daerah lainnya. Misalnya saja cilok yang biasa ditemui di Yogyakarta. Biasanya cilok khas Kota Pelajar ini hanya disajikan dengan bumbu beruba bubuk penyedap, saus, dan kecap saja. Berbeda lagi dengan cilok Tasikmalaya yang disajikan berkuah khas baso aci.

Jenis-Jenis Cilok: variasi rasa yang beragam

Sebenarnya, cilok ya hanya terdapat satu jenis saja. Yang membedakan cilok satu dengan lainnya adalah isian dengan variasi rasa yang beragam, seperti isi ayam, daging cincang, telur puyuh, hingga keju.

Yang menjadi pembeda lain adalah sausnya. Beberapa pedagang cilok akan menyajikan makanan ini dengan sambal kacang, tetapi ada juga yang hanya menyajikan dengan kecap atau saus sambal saja.

Sudah Menjadi Fushion Food

asal-usul cilokl bandung
cimol dengan saus kacang/google.com

Semakin berkembang zaman, semakin mudah informasi dari luar untuk didapat, terlebih di zaman globalisasi seperti sekarang dengan kemudahan berinternet sehingga dengan mudah mendapatkan kabar dari luar negeri.

Nah, kemudahan informasi ini juga berdampat pada perkembangan cilok loh. Hah? Maksudnya bagaimana?

Maksudnya adalah cilok sekarang sudah menjadi fushion food. Jadi, cilok tidak lagi disajikan dengan bumbu kacang, tetapi juga saus ala western yang memberikan cita rasa unik ketika dikunyah. Dengan begini, cerita mengenai asal-usul cilok Bandung di masa depan akan tetur berkembang ya!

Itulah beberapa fakta mengenai asal-usul cilok Bandung sebagai tambahan wawasan mengenai dunia perkulineran. Jajanan ini memang cocok ya dinikmati sebagai cemilan saat berkumpul dengan keluarga atau teman.

Nah, jika bosan dengan jajanan dengan cita rasa asin dan gurih, kamu juga pasti ingin merasakan jajanan dengan cita rasa manis, kan? Nah, Bolu Susu Lembang tentu saja menjadi jawabannya.

Bolu dengan cita rasa yang lezat ini cocok sekali dinikmati ketika sore hari saat berkumpul santai dengan keluarga di rumah. Semakin lezat jika didampingi dengan teh tawar hangat. Harganya murah dan bisa dilebih dengan mudah di banyak tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?