Situ Patenggang, Wisata Penuh Legenda dari Bandung

#wisata #legenda #bandung #ciwidey #kawahputih #kisantang #dewirengganis

Legenda Dari Bandung- Kawasan Ciwidey Bandung sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Udaranya yang sejuk dan alamnya yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Banyak tempat wisata menarik yang ada di kawasan Ciwidey, salah satunya adalah Situ Patenggang, akan tetapi, selain lokasinya yang sejuk dan indah, Situ Patenggang juga memiliki kisah legenda yang sudah sangat terkenal ditelinga warga setempat maupun wisatawan dari luar.

Alkisah, sepasang kekasih bernama Ki Santang dan Dewi Rengganis sedang dimabuk cinta. Setelah sekian lama berpisah, mereka saling mencari. Sang putra prabu dan putri titisan dewi akhirnya bertemu disuatu tempat dan memadu janji. Sang Dewi Rengganis pun meminta kekasihnya untuk membuatkan danau beserta  untuk dinaiki mereka berdua. Maka terbentuklah Situ Patengan.

Konon, itulah salah satu versi cerita yang dipercaya oleh  warga tanah Parahiyangan yang bertutur tentang asal muasal danau indah di Rancabali, Ciwidey, kabupaten Bandung ini. Diceritakan, Lokasi pertemuan sepasang kekasih tersebut itu kini dikenal dengan nama ‘Batu Cinta’. Perahu ki Santang pun kini dipercaya menjadi pulau Asmara/Sasaka yang berbentuk hati di tengah danau yang juga dikenal dengan nama ‘Situ Patenggang’.

wisatabdg.com

Dalam versi lain diceritakan, bahwa nama Situ Patengan sendiri berasal dari kata ‘pateang-teangan’ yang memiliki makna saling mencari. Konon katanya, bila ada pasangan yang pernah singgah di Batu Cinta dan mengeliling pulau Asmara, mereka akan menemukan cinta abadi seperti yang terjadi pada  Ki Santang dan Dewi Rengganis. Karena kisahnya tersebut, tempat ini sering dijadikan salah satu tujuan wisata bagi anak-anak muda yang hendak menikah

Dengan dikelilingi kebun the yang hijau dan pemandangan alam yang memanjakan mata, situ Patenggang juga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. kamu bisa mencoba berkeliling danau dengan perahu atau mencoba bersepeda air untuk jarak yang tidak terlalu jauh dari tepian. Selain itu, Keberadaan perkebunan stroberi di sepanjang sisi jalan berkelok di tepi danau ini, semakin menambah daya tarik situ patengan.

Situ Patengan sendiri terletak pada ketinggian 1600 m, yang lokasinya berada di kaki gunung Patuha. Untuk mencapai lokasi yang berjarak kurang lebih 47 km dari kota Bandung ini, dibutuhkan waktu tempuh sekira 2 jam. Melalui pintu Tol Kopo atau Buah Batu, kita dapat mengambil arah ke Selatan Bandung. Tidak hanya itu, kamu juga akan menemukan cukup banyak petunjuk jalan menuju Ciwidey/Kawah Putih yang akan memandu kita.

Batu Cinta Situ Patenggang

idetrips.com

Konon, Perahu yang dibuat oleh Ki Santang, kini telah berubah menjadi sebuah pulau yang memiliki bentuk seperti hati. Pulau tersebut dikenal sebagai Pulau Asmara atau yang disebut sebagai Pulau Sasaka. Akibat mitos tersebut, masyarakat setempat pun percaya, apabila sepasang kekasih datang ke Batu Cinta dan berkeliling ke Pulau Asmara akan menjadi cinta abadi.

Luas Area

Situ Patenggang sendiri memiliki luas sekitar 45.500 hektar dengan total luas cagar alamnya dapat mencapai 123.077 hektar. Situ Patenggang kerap kali dijadikan pilihan tempat berwisata para wisatawan selain Kawah Putih. Kedua tempat wisata tersebut memang memiliki lokasi yang berdekatan dengan jarak tempuh sekitar 7 KM saja. Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk datang ke tempat ini.

Penginapan

penginapan.net

Jika berkunjung ke Situ Patenggang, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, di Bandung juga banyak disediakan tempat rental mobil. Untuk tempat penginapan juga tersedia banyak penginapan murah di Bandung.

Nah, demikian legenda dari Bandung yang cukup terkanl. Selain itu, ada juga kuliner yang cukup terkenal di Bandung. Salah satunya adalah Bolu Susu Lembang yang sering dijadikan buah tangan oleh para wisatawan. Kamu bisa membelinya secara online maupun offline. Bolu ini sangat cocok dihidangkan dengan berbagai varian minuman hangat. Selamat mencobanya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?