Alasan Industri Kreatif Bandung Semakin Maju

#bandung #wisata #industrikreatif #keren #2021

Industri Kreatif Bandung – Ketika kamu mendengar kata Bandung? Yang akan pertama kali terbenak dalam fikiran pastinya kuliner lezat yang menggocek perut, wisata alam yang memanjakan mata, atau brand-brand lokal asal bandung yang terkenal seantero negeri.  

Tapi, kamu tahu gak sih jika kota Kembang ini tidak hanya cocok untuk berwisata atau berburu kuliner?

Ada hal lain yang tak boleh kamu lupakan, yaitu perkembangan industri kreatif yang cukup pesat di Bandung karena kota ini memiliki beberapa kelebihan. Mau tau alasan kenapa Industri kreatif semakin maju di Bandung? Yuk simak informasi selengkapnya di artikel ini!

1. Silicon Valley Versi Indonesia

Bandung merupakan salah satu  kota yang cukup kondusif untuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan rintisan (startup) di tanah air. Bahkan, Bandung  juga mendapat julukan sebagai Silicon Valley-nya Indonesia.

Pemerintah daerah turut mendukung pengembangan pendidikan teknologi informai di lebih dari 80 lembaga pendidikan tinggi. Ini dia salah satu faktor utama yang menjaga keberlangsungan startup di Bandung.

2. Bagian dari UNESCO Creative Cities Network

niajaniar.com

Sejak tahun 2015 Bandung sudah terpilih menjadi anggota UNESCO Creative City Network (UCCN) untuk kategori desain.

Bukan hanya Bandung, ada juga kota di negara lain yang jadi anggota UCCN. Seperti Seoul (Korea Selatan), Shenzen (Tiongkok), Helsinki (Finlandia), dan masih banyak lagi.

Karena hal tersebut, Bandung tentu semakin serius mengembangkan industri kreatifnya. Pemerintah daerah telah menetapkan tujuh distrik untuk revitalisasi industri kreatif lokal. Mulai dari sepatu Cibaduyut, jeans Cihampelas, hingga tempe Cibuntu.

Selain itu, industri kreatif Bandung dapat mengikuti berbagai konferensi, festival, dan pameran tingkat internasional yang diselenggarakan di kota ini. Karena kesempatan tersebut, industry kreatif Bandung bisa semakin maju.

3. Punya Investasi Modal Terbesar Sepanjang

Bandung menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang banyak dilirik investor karena sumber dayanya.

Tentu hal ini menjadi suatu keuntungan sendiri. Jika para investor memberikan dana untuk perusahan industri kreatif di Bandung, maka proses produksi dan bisnis bis aberjalan dengan lancer. Dan hal itu dalam beberapa kesempatan tentu sudah terlaksana dengan baik.

binus.ac.id

Nah, itulah beberapa alasan mengapa industry kreatif di Bandung bisa terus maju. Tidak hanya itu, persaingan dalam mencari pekerjaan khususnya di kota kembang itupun semakin kompetitip. Jika kamu ingin mencari pekerjaan di bidang kreatif, kamu akan menemukan segudang industry kreatif yang bisa kamu coba.

Selain industri kreatif, Bandung juga memiliki khas lain dibidang kuliner. Apalagi kalau bukan Bolu Susu Lembang yang sudah sangat terkenal. Kamu bisa membelinya di toko-toko terdekat di bandung atau melakukan pembelian secara online. Apalagi, Bolu ini memiliki tekstur yang halus dan rasa yang lezat. Tentu saja cocok untuk dihidangkan dengan berbagai macam minuman hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?