5 Penghargaan Kota Bandung, Nasional hingga Internasional!

#bandung #wisata #industrikreatif #keren #2021

Penghargaan Kota Bandung – Kota Bandung yang menjadi ibu kota provinsi Jawa Barat. Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, karena pada dahulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana.

Selain itu Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya. Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner juga, lho!  

Saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan. Kota Bandung terus berkembang hingga mendapatkan banyak penghargaan mulai dari tingkat provinsi hingga internasional. Yuk kita simak selengkapnya penghargaan yang telah diraih kota Bandung!

1. Meraih predikat kota terbaik di dunia dibidang makanan tradisional

penghargaan kota bandung
Sumber : https://jabar.antaranews.com

Bandung masuk dalam daftar Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik (Best Cities for Traditional Food) Tasteatlas Awards 2020. Tasteatlas adalah situs Kroasia yang mengulas makanan tradisional, resep lokal, dan restoran autentik di seluruh dunia. Dalam kategori Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik Tasteatlas Awards 2020, penilaian dilakukan oleh kritikus restoran profesional dan 63.402 suara (voting) pembaca Tasteatlas. Keren banget, ya!

Bandung terkenal akan makanan khasnya seperti mie kocok, batagor dan kupat tahunya. Sedangkan Taste Atlas menyebut restoran autentik terbaik di Bandung adalah Batagor Kingsley, Warkop Modjok, Armor Kopi, Surabi Cihapit dan Cireng Cipaganti. Penghargaan ini cukup bergengsi, mengingat Bandung bersanding dengan Paris (Prancis), Roma (Italia), Buenos Aires (Argentina), Istanbul (Turki), Mexico City (Meksiko), Kyoto (Jepang). 

Kalau sudah menyebutkan makanan apa saja yang jadi jagoannya kota Bandung rasanya jadi ingin pergi ke kota kembang, ya! Namun, bagi kamu yang ingin pergi ke kota Bandung atau sedang di kota Bandung ada rekomendasi makanan yang enak dan kekinian banget khas dengan kota Bandung! Yup, Bolu Susu Lembang udah jadi makanan wajib untuk kamu jadikan oleh-oleh sedari Bandung, lho! 

2. Penghargaan kota Bandung yang meraih kota berudara bersih se-ASEAN!

Pemerintah kota Bandung meraih penghargaan sebagai kota besar dengan kualitas udara paling bersih di ajang The 4th ASEAN The Environmentally Cities Award yang berlangsung di Bandar Seri Bagawan, Brunei Darussalam. Penghargaan ASEAN diberikan berdasarkan hasil pengujian dan pengukuran selektif.

ASEAN menilai program-program kota Bandung merupakan upaya berkelanjutan untuk mendukung kualitas lingkungan. Program yang dinilai antara lain pembentukan tim teknis pengendali polusi udara, sosialisasi manajemen kualitas udara melalui seminar dan lokakarya, hingga pengujian emisi kendaraan bermotor. 

Selain itu, pemerintah kota juga memasang alat pemantau kualitas udara di 27 titik, serta menempatkan Air Quality Monitoring System (AQMS) di Dago Pakar, Pajajaran, Gedebage, dan Ujungberung. Penilaian juga mencakup penerapan Car Free Day di tiga tempat setiap pekan, serta kampanye mobilitas rendah emisi seperti Bike to School dan Bike to Work. Inspiratif banget ya, nggak salah deh kalau Bandung udaranya tuh sejuk dan bersih juga!

3. Raih penghargaan kota terbaik dibidang pariwisata

penghargaan kota bandung
Sumber: https://bandung.bisnis.com

Bandung meraih penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2019 (IAA) Kategori Kota Besar Terbaik Sektor Pariwisata Indonesia peringkat Gold. Penghargaan ini merupakan kerja bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bandung terutama pada bidang kepariwisataan. Oded selaku Wali Kota Bandung mengingatkan kepada seluruh ASN Kota Bandung untuk selalu menghadirkan inovasi dan gagasan baru. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung (Disbudpar), Dewi Kaniasari menyampaikan, Kota Bandung sebagai barometer pariwisata terus meningkat dan untuk amenitas (fasilitas di luar akomodasi yang dapat dimanfaatkan wisatawan selama berwisata di suatu destinasi) sudah lengkap, tinggal pelayanan itu ditingkatkan. 

Jadi, yuk! catat  destinasi kemana saja kalau kamu ingin berlibur ke kota Bandung. Karena ada banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi mulai dari tempat pariwisata alam yang memanjakan kamu dengan pemandangan yang indah. Hingga destinasi buatan manusia yang buat kamu betah lama-lama di kota kembang.

4. Meraih anugerah kota inovatif!

penghargaan kota bandung
Sumber : https://humas.bandung.go.id

Bandung kembali meraih anugerah sebagai Kota Sangat Inovatif pada Innovative Government Award (IGA) 2020 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia. Penghargaan IGA 2020 merupakan bentuk penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan inovasi pemerintah daerah dengan cara yang inovatif.

Dengan mendapatkan penghargaan tersebut, lanjutnya, Pemkot Bandung akan terus berinovasi. Hal itu menurutnya untuk meningkatkan pada bidang pelayanan publik, tata kelola pemerintahan dan pembangunan. Inovasi salah satunya e-musrenbang dan e-budgeting. 

Wakil wali kota berharap, penghargaan ini dapat mendorong dan memotivasi Pemkot Bandung untuk terus melakukan inovasi. Jumlah inovasi yang terjaring sebanyak 14.897 inovasi meningkat 80 persen dari tahun 2019 hanya 8.014 inovasi. Sementara itu, sebanyak 195 Pemerintah Daerah kategori Sangat Inovatif. Terdiri dari 21 provinsi dan 131 kabupaten serta 43 kota.

5. Kota Bandung meraih penghargaan Smart City

Pemerintah Kota Bandung mendapatkan penghargaan Smart City Readiness dari PT Telkom Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan sebagai Pemerintah Kota yang telah mengimplementasikan Smart City Nusantara. Penghargaan tersebut diberikan oleh Deputi EVP Marketing Telkom Regional lll Khamdan kepada Wali Kota Bandung yang diwakili oleh Asisten Perekonomian Pembangunan Iming Akhmad, di Balai Kota Bandung, Selasa 28 November 2017.

Selain menerima piagam penghargaan, pemerintah kota Bandung mendapatkan 4 layanan smart city secara gratis yang diberikan langsung oleh Telkom Indonesia diantaranya, Layanan Hi City atau info layanan wisata, E pelapor Lite, Layanan WiFi Id Managed Service sebanyak 10 Access Point (penentuan lokasi instansi dengan memastikan ketersediaan Infrastruktur Fiber optic dan alat produksi terkait) dan Layanan solusi Managed Content WiFi (Costumisasi Content welcome page pada WiFi id).

Dalam kesempatannya, Asisten Perekonomian Pembangunan Iming Akhmad menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Telkom Indonesia. Lanjutnya, dengan terjalinnya kerjasama selama ini pemerintah kota Bandung terus menjalin kolaborasi agar pembangunan maupun pelayanan masyarakat semakin meningkat.

Bandung semakin menarik jika kita tahu pencapaian dan penghargaan yang diterima kota kembang ini. Jadi tidak heran semakin banyak wisatawan yang datang dari dalam negeri hingga luar negeri. Menjadi inspirasi kita sebagai masyarakat untuk memajukan dan menjaga aset  yang kota Bandung. Jadi semakin tertarik ya untuk liburan ke Bandung, bukan?

Nah, kalau liburan ke Bandung, nggak boleh ketinggalan untuk beli Bolu Susu Lembang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah ya. Udah pasti deh semua suka dan happy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?