Inilah 5 Ikon Kota Bandung yang Populer

Ikon kota Bandung – Sama halnya seperti berwisata ke suatu kota harus menikmati kuliner khasnya, saat melancong pastilah mengiujungi tempat yang menjadi ikon kota yang di sambangi.  Rasanya sudah sah berwisata di sini begitu berfoto di tempat ikonik tersebut. 

Nah untuk Bandung sendiri, salah satu kota yang juga kaya akan budayanya dan tentu bersejarah ini juga memiliki Ikon Kota Bandung yang harus kamu tahu. Ada beberapa tempat dan kebudayaan yang juga dilirik wisatawan untuk dikunjungi. Penasaran? Berikut ikon kota Bandung yang patut kamu simak. 

1. Gedung Sate, ikon Kota Bandung peninggalan Belanda

Pasti kamu pernah dengar Gedung Sate di kota Bandung kan? Yup. Ini merupakan bangunan bersejarah peninggalan kolonial Belanda. Gedung Sate memiliki nama lain dalam bahasa Belanda, yaitu Gouvernements Bedrijven. 

Gedung sate ini dirancang tim yang terdiri dari 3 insinyur asal Belanda yaitu Ir. J. Gerber, Ir. Eh De Roo dan Ir. G. Hendriks. Dibantu dengan para ahli dan kuli bangunan yang juga pernah menggarap ITB. 

Bentuk menera sentralnya yang seperti tusuk sate inilah cikal bakal penamaan Gedung sate.  

Fakta menarik dari Gedung sate ini ternyata dibangun menghadap Gunung Tangkuban Perahu di sebelah utara loh. Dibangun dengan hati-hati, ornamennya pun sangat detail dan memiliki arti tersendiri.  

Selain itu, jendelanya juga dibuat bernuansa ala Spanyol. Kemudian pada bagian atas jendela tersebut bergaya arsitektur Hindu-Budha yaitu mirip bangunan kerajaan di India yaitu Gupta. Namun, bedanya dibuat lebih sederhana. 

Gedung yang dibangun sejak 1920 ini dulunya merupakan tempat pusat pemerintahan Belanda. Waktu silih berganti hingga pada 1980, Gedung sate di alih fungsikan menjadi gedung pemerintahan gubernur Bandung. 

2. Gedung Merdeka Jadi Saksi Bisu Sejarah KAA di Kota Bandung 

Gedung merdeka merupakan gedung bersejarah terjadinya KAA di Bandung. Sebelum menjadi Museum Konperensi Asia Afrika, gedung ini berfungsi sebagai pertemua bahkan pesta dansa oleh orang Belanda.  

Nama gedung merdeka pada saat itu adalah Gedung Concordia. Gedung yang terletak di Jl. Asia Afrika ini bisa dikatakan tempat pertemuan yang paling besar dan paling megah di Kota Bandung. Gedung ini masih aktif digunakan sebagai pertemuan internasional 

Saking bernilainya tempat ini, Gedung Merdeka diresmikan oleh pemerintah sebagai bangunan cagar budaya yang sudah diatur dalam undang-undang. Meskipun juga terdapat museum, Namun untuk saat ini tidak bisa dikunjungi wisatawan karena masih pandemi. .  

3. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, salah satu ikon kota Bandung bersejarah 

Tempat ikon kota Bandung selanjutnya yaitu Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat atau disingkat Monju. Memiliki arsitektur mirip bambu runcing dengan sentuhan moderen, Monju menjadi bukti nyata perjuangan rakyat Indonesia yang melawan penjajahan.  

Monumen yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Raden Nana Nuriana pada tahun 1995 ini memamerkan benda bersejarah seperti senjata, sampai mesin jahit yang digunakan oleh tokoh pahlawan kaum wanita yaitu Dewi Sartika. 

Terdapat juga diorama atau minuatur tiga dimensi pada beberapa moment pertempuran seperti  perjuangan Sultan Agung Tirtayasa bersama rakyat menentang kolonial Belanda tahun 1658, perundingan Linggarjati di Sumedang hingga peristiwa Bandung Lautan Api. 

Lokasi Monju di Jl. Dipati Ukur No.48, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung sangat strategis. Yaitu berseberangand engan Undip dan dekat dengan alun-alun Kota Bandung bahkan Gedung Sate.  

4. Jembatan Pasupati 

Kalau kamu dari daerah Jabodetabek bisa melewati Jembatan Keren ini loh. Pasalnya  Jembatan Pasupati atau Jalan Layang Pasupati dibangun untuk memperlancar arus lalu lintas Jabodetabek ke Bandung dan sebaliknya.  

Jembatan yang membelah lembah Cikapundung ini adalah jembatan yang menghubungkan daerah Bandung utara dan timur Kota Bandung. Jembatan ini juga melewati Taman Pasupaati. 

Jalan Layang Pasupati sudah menerapkan teknologi anti gempa. Yaitu teknik lock up device (LUD) yang dibuat di Prancis. Meski dimakan usia, jembatan ini masih sangat kokoh. Pada Malam hari kamu akan takjub melihat bagian tengah Jembatan Pasupati diterangi lampu sorot warna-warni. Keren banget pokoknya!. 

5. Paris Van Java 

Bandung memiliki julukan lain yaitu Paris Van Java. Sebab di Jalan Braga banyak toko fashion berderetan. Apalagi terdapat Mall Paris Van Java yang berdiri sejak 2006 lalu ini, membuat Bandung semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Tak hanya produk fashion, di sini juga ada beragam kuliner khas bahkan ada juga yang menjual kuliner khas Prancis. Lokasi yang strategis di pusat kota dan dekat alun-alun menjadi ramai akan pengunjung.  

Di Bandung juga banyak produk fashion buatan lokal yang berkualitas lho, seperti produk sepatu,  pakaian dan aksesoris lainnya. Jangan salah, bahkan tidak sedikit produk lokal asal Bandung yang sudah menjangkau pasar Internasional. Kalau kamu senang berbelanja produk lokal, tandanya kamu mencintai dan mendukung produk dalam negeri.  

Nah saat berpergian jauh maupun dekat, memilih makanan sebagai buah tangan tentu yang praktis dan enak pastinya. Bolu Susu Lembang menjadi pilihan yang pas untuk dijadikan oleh-oleh. Apalagi Bolu susu Lembang menjadi oleh-oleh Ikon kota Bandung. Tidak afdol rasanya jika ke Bandung tapi belum membeli Bolu Susu Lembang.    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?