Yuk Mengenal 5 Tarian Asal Bandung

tarian asal Bandung

Tarian Asal Bandung – Ngomongin kota Bandung yang biasanya terkenal dengan kuliner dan wisata alam. Nah, Bandung juga memiliki ragam kesenian yang wajib dilestarikan, yaitu tari tradisional.  Dan kamu perlu tau bahwa di Indonesia ini terdapat tarian kurang lebih 3000 tarian lho. Wah sangat menarik ya!

Tarian apa aja sih yang berasal dari Bandung Jawa Barat? Nah daripada kepo nih yaa, yuk simak! Berikut beberapa tarian asal Bandung yang harus kamu ketahui

1. Tarian asal Bandung salah satunya adalah Tarian Merak Priangan

tarian asal Bandung
www.id.wikipedia.org

Tau nggak sih bagaimana sih sejarah tari merak itu? Tari merak merupakan tarian kreasi baru dari daerah Pasundan, Jawa Barat. Tarian ini diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri, seorang koreografer tari Sunda pada tahun 1950-an.

Nah, kapan sih tari merak saat dimainkan?

Di daerah Pasundan, tari merak seringkali dimainkan ketika menyambut kedatangan tamu kehormatan dan dalam sebuah pesta pernikahan adat Sunda, seringkali digunakan untuk menyambut kehadiran pengantin lelaki yang akan berjalan menuju pelaminan.

Dengan diiringi seperangkat alat musik gamelan Sunda, dengan gerakan lemah gemulai sambil membentangkan selendang itu tampak seperti sepasang sayap dari seekor burung merak menjadi ciri khas tersendiri dari pertunjukan tari merak.

Tari merak umumnya dimainkan oleh seorang wanita. Ketika pertunjukan, mereka memakai kostum yang penuh warna, seperti merah, kuning, serta hijau. Konon, warna itu menggambarkan pesona warna dari burung merak.

2. Tari Buyung

tarian asal Bandung
www.id.pinterest.com

Wahh, seperti apa sih tari buyung itu? Tari Buyung merupakan tarian tradisional yang biasanya dilakukan pada acara puncak pada upacara seren taun yang dilakukan masyarakat Jawa Barat. 

Tarian Buyung ini diciptakan oleh Emalia Djatikusumah, istri dari Pangeran Djatikusumah salah seorang sesepuh adat.

Pasti pada penasaran ya? Tarian ini menggambarkan para gadis desa yang mandi dan mengambil air bersama-sama dicurug (air terjun) Ciereng dengan menggunakan buyung (tempat air dari logam atau tanah liat).

3. Tari Jaipong, Orang Bandung pasti tau nih

Setelah Bari Buyung, tarian tradisional Jawa Barat yang juga terkenal adalah Tari Jaipong lhoo.

Nah, seni tari ini lahir dari kreativitas seorang seniman asal Bandung yaitu Gugum Gumbira pada tahun 1975. 

Dengan kemunculan Jaipongan yang dibawakan oleh Gugum Gumbira secara energik dan spontan seolah tarian ketuk tilu mendapatkan nyawa baru dan perlahan semakin diminati oleh masyarakat Sunda yang kemudian dikenal sebagai tarian tradisional dari provinsi Jawa Barat.​

Nah, Tari Jaipong ini ditampilkan saat acara apa sih? Pada masa lalu pertunjukan jaipongan kerap ditampilkan sebagai hiburan dalam acara-acara adat setempat salah satunya yakni acara pesta perkawinan.

4. Tari Ronggeng Bugis

Tari Ronggeng Bugis sendiri sangat unik karena merupakan sebuah tarian komedi. Biasanya Tari Ronggeng Bugis ini dimainkan 12-20 penari yang berdandan dan mmenari seperti perempuan.

Para penari tidak akan terlihat cantik seperti penari pada umumnya karena mereka merias wajah sedemikian rupa dan lebih mirip dengan badut. Hal ini adalah salah satu daya tarik yang mengundang gelak tawa.

Tari Ronggeng Bugis ini tampil dengan iringan alat musik tradisional yang tentunya menjadi ciri khas Jawa Barat yakni Kelenang, gong kecil, kendang kecil, dan juga kecrek.

5. Tau kan? Tari Wayang termasuk tarian asal Bandung

tarian asal Bandung
www.bisniswisata.co.id

Nah, tarian asal Bandung yang terakhir adalah Tari Wayang. Pasti sudah nggak asing lagi kan dengan tarian yang satu ini.  Tarian ini adalah tarian khas yang memiliki latar belakang cerita wayang.

Jadi, gerak dasar Tari Wayang sendiri memiliki akar dari penokohan serta status karakter wayang dan dimainkan dengan iringan gamelan salendro.

Ciri utama dari Tari Wayang ini adalah penggambaran yang jelas dari status tokoh wayang. Namun, ada tingkatan karakter atau watak tertentu serta bisa dimainkan secara masal, duet, dan juga satu orang.

Itulah 5 Tarian asal Bandung yang wajib  kamu ketahui lho, bagaimana? Sudah mengenal salah satunya atau bahkan kelimanya? Sudah tau kan asal usulnya juga? Maka dari itu yuk lestarikan budaya kita ke cucu-cucu kita.

Nah, pas banget nih ngomongin kota Bandung, di Bandung ada makanan  cemilan Bolu Susu Lembang, sangat cocok menemani kamu pas nongkrong di Bandung, dan tentu saja juga bisa dijadikan oleh-oleh makanan khas Bandung yang berbeda daripada biasanya? Apalagi Bolu Susu ini awet disimpan dalam waktu yang lama sehingga bisa dibawa keluar kota untuk dibagikan kepada kerabat di rumah.

Rasa Bolu Susu Lembang tidak bisa diragukan lagi kelezatannya. Harganya juga murah sehingga kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak untuk dibagi-bagi ke rekan kerja hingga tetangga rumah. Pokoknya, worth to buy deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?