9 Cemilan Hits Bandung, Enak dan Gurih!

Cemilan Hits Bandung – Bandung adalah kota bunga yang wajib kamu kunjungi, karena terdapat banyak sekali tujuan tempat wisata alam yang indah dan instagramable tentunya. Nggak salah kalau kota Bandung banyak sekali wisata yang datang setiap akhir pekan bahkan saat liburan. Bandung yang letaknya tidak begitu jauh dari Ibu Kota Indonesia sendiri menjadi tujuan utama untuk mencicipi cemilan yang melimpah. 

Bagi kamu yang biasa liburan ke kota Bandung mungkin sudah tahu kalau kota ini kaya akan tempat kulinernya juga, ya! Jangan sedih, kita akan kasih informasi mengenai cemilan apa saja yang jadi primadonanya nih! So, nggak perlu nunggu lama-lama. Berikut 9 cemilan hits Bandung, yang enak dan gurih!

1. Cilok cemilan hits Bandung paling dikenal masyarakat

Kita semua tahu kalau jajanan enak khas Kota Kembang kebanyakan menggunakan bahan berupa tepung tapioka atau aci. Nah, salah satu dari jajanan tradisional yang murah dan mudah didapat tersebut adalah cilok.

Cilok atau aci dicolok kini tidak hanya disajikan dengan sambal kacang saja. Makanan yang diolah dengan cara dikukus ini pun bisa disajikan dengan kuah atau sambal goang. Isiannya pun tidak terbatas pada lemak saja, melainkan juga hati ayam, telur sampai sosis. Selain cilok yang dikukus, cilok goreng pun sudah sangat populer saat ini.

Cilok goreng biasa dihidangkan dengan berbagai bumbu. Mulai dari ayam bawang, balado, keju, barbeque sampai bumbu kacang itu sendiri. Hayo, siapa yang jadi ngiler dan pengen makan cilok?

2. Seblak yang gurih dan nikmat!

Siapa yang tidak tahu seblak? Jajanan khas Bandung ini sudah sangat terkenal hingga seluruh penjuru Indonesia. Walaupun sekarang sudah banyak yang menjual seblak di luar kota, kata orang-orang, tetap saja yang paling enak itu seblak Bandung.

Seblak dulu hanyalah camilan yang biasa dibuat di rumah masing-masing. Cara membuatnya cukup mudah, hanya menumis bumbu bawang dan kencur lalu dimasukkan kerupuk yang sudah direndam air. Tapi, sekarang ini seblak sudah banyak variannya.

Tidak hanya kerupuk saja, sekarang sudah ada seblak ceker, seblak pasta, seblak tulang, seblak batagor, seblak suki, dan masih banyak lagi. Seblak dapat dinikmati garing (tanpa kuah) dan juga berkuah.

3. Kue Balok yang melted!

Kue balok adalah kue khas Garut yang mirip dengan kue cubit tapi lebih padat dan besar, seperti balok. Di kue balok Mang Salam, kamu bisa menemukan aneka kue balok berbagai rasa kekinian. 

Ada kue balok dengan campuran topping coklat, stroberi, matcha, nutella, ovomaltine, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa memilih apakah mau kue balok matang atau setengah matang yang masih lumer. Kue Balok Mang Salam punya beberapa cabang. Ada yang di Dago, Cibiru, dan Telkom University. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 2.500 saja per buahnya.

4. Bakso Cuanki banyak toppingnya!

Katanya cuanki adalah singkatan dari cari uang jalan kaki. Pasalnya dulu pedagang cuanki selalu menyajikan bakso dengan cara dipikul. Semangkuk bakso cuanki memiliki isian yang beragam, yaitu bakso, siomay kukus, siomay goreng, dan tahu. Kemudian diguyur dengan kuah kaldu gurih. Hmmm, kebayang nggak sih enaknya gimana?

5. Baso Aci cemilan hits Bandung yang sedep banget kuahnya!

Kuliner aci berikutnya yang sedang naik daun adalah baso aci. Jajanan khas Bandung ini merupakan bakso yang tidak memiliki campuran daging di dalamnya seperti bakso kebanyakan. Tidak jarang bakso aci tersebut disajikan dengan bumbu kacang, tetapi juga dengan kuah pedas seperti layaknya bakso pada umumnya. 

Kamu bisa menemukan bakso aci dengan mudah di banyak tempat di Bandung. Tidak hanya itu, sekarang ini juga banyak orang yang menjual bakso aci instan sehingga kamu bisa membuatnya dengan cara yang lebih praktis.

6. Basreng yang renyah dan enak!

Basreng merupakan singkatan dari Baso Goreng. Tapi, tidak sembarang baso yang bisa digoreng dan dijadikan basreng. Selama ini cuma baso ikan-lah yang jadi bahan utama untuk membuat basreng.

Ada basreng basah dan ada juga basreng kering. Untuk basreng basah, teksturnya kenyal di dalam dan agak garing di luar. Lalu, untuk basreng kering, basonya digoreng cukup lama hingga benar-benar kering seperti kerupuk.

Biasanya baso dipotong balok atau pipih lalu digoreng. Bumbu basreng pun bervariasi, ada bumbu asin, pedas, pizza, barbeque, jagung bakar, hingga dibuat menjadi seblak dan karedok.

6. Kue Cubit banyak varian rasa yang unik

Kue Cubit merupakan jajanan khas Bandung yang sedang ngehits selanjutnya pada tahun ini. Nama kue cubit diambil dari cara mengangkatnya. Kue imut ini kalau sudah matang diambilnya dengan cara dicubit’ menggunakan alat khusus.

Kue cubit yang dulu hanya merupakan jajanan khas Bandung yang biasa saja. Biasanya penjaja kue cubit akan mudah ditemukan di pinggir jalan dekat sekolahan atau area taman kanak-kanak, karena biasanya anak-anak kecil yang suka membeli kue ini. Malah bisa dibilang kue cubit ini lebih dikenal dengan sebutan jajanan anak SD.

Tapi, sekarang ini sudah banyak kue cubit yang aneh-aneh. Mungkin bisa dibilang kalau tren kue cubit kekinian dimulai dari kue cubit rasa greentea. Semenjak kue cubit greentea naik daun, bermunculan pula kue cubit rasa lainnya seperti rasa red velvet, taro, Oreo, Toblerone, dan masih banyak lagi rasa yang unik-unik.

8. Surabi cemilan legenda Bandung

Kalau membicarakan kuliner khas Bandung, tentunya kamu akan langsung teringat Surabi. Sekarang ini surabi tidak hanya dijual polos atau dengan taburan oncom saja, melainkan sudah tersedia berbagai rasa yang unik seperti Surabi Tuna, Surabi Daging Sapi, Surabi Telur, hingga Burger Surabi.

Itu baru yang rasa ‘asin’ saja. Untuk yang rasa manis, ada banyak pilihan juga seperti Surabi Keju, Surabi Toblerone, Surabi Kacang Cokelat, dan masih banyak lagi. Walaupun aneka rasa ‘tradisional’ seperti Surabi Tabur Gula Merah dan Surabi Kinca masih memiliki banyak peminat. Surabi sudah dikenal lama, lho! bisa dibilang Surabi merupakan cemilan legendaris kota Bandung.

9. Cimin hits banget nih, di Bandung!

Cimin adalah salah satu jajanan khas Bandung yang masih menggunakan aci sebagai bahan dasar untuk mengolahnya. Cimin sendiri bisa diartikan aci mini atau aci micin, karena proses pembuatannya memakai dua unsur tersebut.

Jajanan ini berupa aci yang sudah diolah dan dibentuk kecil-kecil, lalu dimasak di sebuah cetakan dengan tambahan telur, dan disajikan dengan bumbu-bumbu yang kamu sukai, misalnya keju, barbeque dan lain-lain. Tekstur kenyal dari aci yang dipadukan dengan telur dan bumbu micin tentu membuat makanan ini unik dan berbeda dari jajanan khas Bandung lainnya.

Nah, itulah cemilan hits Bandung yang wajib kamu cicipi, jangan sampai nggak karena rasanya yang gurih bikin kamu ketagihan. Sebagai penawarnya ada rekomendasi yang wajib kamu coba juga, nih! Karena banyak yang suka dan wajib kamu bawa selama kamu ada di kota Bandung! Yups, Bolu Susu Bandung rasanya yang lembut dan manis serta gurih harganya juga relatif murah. Jadi, jangan sampai kehabisan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?