Sederet Seniman Asal Bandung yang Terkenal di Luar Negeri

Bandung sebagai salah kota gudangnya seniman, khususnya seniman seni rupa dan seni tari. Berkat karakter dan predikat kuat filosofi seninya, Bandung menghasilkan seniman-seniman yang memiliki referensi serta pendekatan menarik serta gaya khas yang membuatnya menonjol jika dibandingkan dengan kota lainnya di Indonesia.

Nyatanya, kesenian Bandung ini tidak hanya dinikmati di dalam di negeri tetapi juga terkenal dan dinikmati oleh penikmat seni di luar negeri. 

Selain terkenal dan menghasilkan banyak karya, seniman-seniman ini juga menderikan galeri seni yang dijadikan wisata budaya di Bandung. Berikut biografi seniman-seniman di Bandung 

1. Bagus Pandega

seniman asal bandung
www.whiteboardjournal.com

Seorang seniman seni rupa lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB ini dulunya tertarik dan belajar di jurusan sculpture, dan sejak saat itu kiprahnya sebagai seniman tak hanya dikenal di kalangan lokal tetapi juga dalam kancah internasional.

Bagus Pandega menawarkan format sculpture dengan ragam elemen, karya Bagus mampu memberikan stimulan dan interaksi untuk mata, hingga telinga para penikmatnya.

Karyanya pun telah banyak dipamerkan, berikut sederetan karya Bagus Pandega di kancah Internasional Cian Chang: Art Review Asia (2016), ArtJog10: Changing Perspective (2017), Amsterdam Light Festival (2017), hingga “Distorted Alteration” (2018) di Project Fulfill Art Space, Taipei, Taiwan.

2. Syagini Ratna Wulan

seniman asal bandung
www.themuseasia.wordpress.com

Salah satu seniman seni rupa asal Bandung yang akrab dipanggil Cagi ini memiliki range karya, mulai dari lukisan hingga instalasi. Jika dilihat dari tekniknya, lukisan hingga instalasi ini tidak berhenti pada satu titik saja.

Hal yang menarik dari karya Cagi adalah bagaimana ia mengeksplorasi fantasi dan alam bawah sadar manusia dengan gaya khas, penuh teka-teki, dan feminin. Karyanya tersebut dipengaruhi oleh ketertarikannya terhadap narasi surreal dan fantasi dalam film dan musik.

Akhir-akhr ini penikmat seni dibuat tertarik dengan karyanya dengan penggunaan spektrum warna pastel yang tak hanya estetis tapi juga mengundang penikmat seni untuk berkontemplasi.

Tidak hanya diakui secara lokal, Cagi juga sudah mengibarkan sayapnya di kancah internasional, ia pernah menjadi residensi di Art Initiative Tokyo, Jepang hingga instalasinya yang berjudul “Bibliotea” menjadi finalis pada penghargaan Celeste Prize di New York pada tahun 2011.

3. Syaiful Garibaldi

seniman asal bandung
www.artsy.net

Siapa sangka salah satu seniman berbakat ternyata pernah belajar bidang agronomi di Universitas Padjajaran, hinga akhirnya menempuh pendidikan seni grafis di FSRD ITB.

Namun, ketertarikannya pada mikroorganisme dan juga agronomi yang akhirnya mempengaruhi objek karyanya. Seniman yang memiliki nama panggilan Tepu ini juga kerap menggambarkan video hingga eksperimen suara yang diambil dari bakter, jamur dan alga.

Karya-karya unik dan menariknya ini menciptakan huruf dan bahasa Terhah yang diambil dari jenis-jenis mikroorganisme serta konstruksi dunia fantasi Terhah berisi makhluk hidup dan habitatnya.

Karya-karya uniknya ini juga sudah diakui secara internasional diantaranya, Art Stage Singapore (2017), Art Fair Phillippines 2017, dan “Constituent Concreteness”, Mizuma Gallery, Singapura (2016).

Itu dia 3 seniman asal bandung yang juga terkenal di luar negeri melalui karya seni rupa yang menakjubkan dan unik. Tertarik untuk melihat karya-karya seni dari ketiga seniman tersebut atau karya seniman lainnya?

Kamu bisa mengunjungi beberapa gallery seni di Bandung, seperti,  Lawangwangi Creative Space, Selasar Sunaryo Art Space, NuArt Sculture Park dan lain sebagainya. 

Nyatanya, sekarang gallery seni tidak hanya untuk tempat bagi penikmat seni, namun juga dibuka untuk kalangan umum dan digunakan sebagai objek wisata.

Agar perjalanan wisatamu semakin lengkap saat memanjakan mata di gallery seni, kamu juga bisa membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga camilan nikmat asli dari Bandung, Bolu Susu Lembang.

Satu-satunya bolu yang dijamin kelembutan dan harganya yang terjangkau ini, selain jadi oleh-oleh bisa nemenin kamu sambil menikmati karya seni rupa seniman-seniman di Bandung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?