Tangkuban Perahu Bandung, Wisata Yang Penuh legenda

Tangkuban Perahu Bandung- Bandung selalu menawarkan hal yang menarik. Selain mempunyai sejarah panjang, Bandung juga punya legenda-legenda yang tak kalah menarik dan sudah tidak asing di telinga masyarakat.

Kamu pasti sudah tidak asing dengan Gunung Tangkuban Perahu? Salah satu objek wisata alam di Bandung yang tidak pernah sepi pengunjung.

Selain pesona alamnya yang indah. Gunung Tangkuban Perahu juga memiliki legenda yang terkenal di masyarakat Bandung hingga Indonesia.

Ada beberapa hal yang menarik dari Gunung Tangkuban Perahu. Apa saja ? yuk kita simak informasi selengkapnya.

Legenda Gunung Tangkuban Perahu

Pernah mendengar nama Sangkuriang dan Dayang Sumbi? Nah, gunung ini punya hubungan erat dengan dua nama tersebut.

Alkisah, pemuda bernama Sangkuriaan ini mencintai seorang perempuan yang bernama Dayang Sumbi. Tapi dia tidak mengetahui bahwa perempuan itu adalah ibu kandungnya sendiri. 

Namun, Dayang Sumbi mengetahui hal tersebut. Dalam upaya menggagalkan keinginan Sangkuriang, Dayang Sumbi memberikan syarat yang sangat sulit. Sangkuriang harus membuat telaga dan perahu yang besar dalam satu malam.

Namun Sangkuriang gagal. Akhirnya dia menendang perahu tersebut sampai terbalik, seiring berjalannya waktu, perahu terbalik tersebut berubah menjadi sebuah gunung. Kini kita mengenalnya dengan Gunung Tangkuban Perahu.

Ada Banyak Kawah Di Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Tangkuban Perahu : Travel.Kompas.com

Banyak spot yang bisa kamu sambangi di tempat ini, terutama Kawah. Ada sekitar 3 Kawah terdapat di Gunung Tangkuban Perahu.

Pertama Kawah Ratu. Kawah yang paling populer bagi wisatawan. Menawarkan spot yang sangat indah dan telah disediakan dengan baik dan aman.

Kedua, Kawah Upas. Tidak jauh dari Kawah Ratu, cukup berjalan sedikit ekstra kamu bisa sampai ke Kawah Upas. Memang, pemandanganya tidak sebagus di Kawah Ratu. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba

Terakhir, Kawah Domas. Masih berdekatan dengan Kawah Ratu. Spotnya juga merupakan favorit nomor dua. Akses untuk menuju Kawah Domas pun terbilang cukup mudah.

Gunung Merapi Aktif

Meski punya keindahan yang mempesona. Gunung Tangkuban Perahu ternyata salah satu gunung merapi yang aktif loh. 

Selalu diawasi oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa Kawah gunung tersebut juga memberikan tanda masih aktif. Tandanya adalah masih muncul gas belerang dan sumber-sumber air api.

Jadi kamu harus tetap berhati-hati ya.

Fasilitas Yang Bikin Nyaman

Tangkuban Perahu : Pariwisataku.com

Dengan fasilitas yang lengkap, tempat ini semakin menarik perhatian para pengunjung. Kamu akan bertambah nyaman berlibur di sini. Berikut fasilitas yang telah tersedia :

  • Tempat Istirahat
  • Mushola
  • Akses Jalan yang Mudah
  • Toilet
  • Tempat Kuliner
  • Area Parkir Yang Luas

Meski berada di daerah pegunungan, tapi fasilitiasnya terbilang lumayan lengkap ya. Selain itu, pihak pengelola juga terus meningkatkan keamanan demi kenyamanan para pengunjung loh.

Beberapa Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Saat Wisata Di Tangkuban Perahu

Untuk kenyamanan dan keamanan. Beberapa hal ini perlu kamu perhatikan terlebih dahulu;

Pertama, cobalah sewa jasa guide jika kamu punya dana lebih. Supaya kamu bisa dengan tenang menyusuri wisata di Gunung  Tangkuban Perahu dan sekitarnya.

Kedua, persiapkan pakaian hangat seperti jaket tebal, sweater dan sejenisnya. Udaranya cukup dingin, apalagi saat malam hari.

Ketiga, bawalah masker dan kacamata. Karena masih terdapat gas belerang yang masih aktif dan debu yang lumayan tebal.

Itulah beberapa informasi tentang wisata Gunung Tangkuban Perahu di Bandung. Wajib masuk list liburan akhir pekan nih. Kurang lengkap rasanya kalau berlibur tidak membawa buah tangan saat pulang. Bolu Susu Lembang adalah pilihan yang sangat tepat. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?