Wisata Kota Tua Bandung: Mengenal Sejarah Dibalik Jalan Asia Afrika

wisata kota tua bandung

Wisata Kota Tua Bandung – Siapa yang tidak mengenal kota Bandung, kota yang saat ini menjadi destinasi wisata bagi kebanyakan orang. Bukan hanya dari dalam kota saja melainkan dari mancanegara pun turut berkunjung ke kota Kembang ini.

Tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya yang menarik untuk dikunjungi, kota ini juga memiliki wisata kota tua yang layak untuk didatangi. Salah satunya yang terdapat di kawasan Asia Afrika. 

Jalan Asia Afrika di Bandung memiliki kaitan yang sangat erat dengan pendirian kota Kembang ini. Karena pada saat itu, Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels dari Belanda memerintahkan pendirian kota ini yang pada akhirnya diabadikan dalam bentuk Tugu Bandung Nol Kilometer. 

wisata kota tua bandung
http://nationalgeographic.grid.id

Sebelum konferensi Asia Afrika dilaksanakan, jauh sebelumnya jalan ini memiliki nama Groote Postweg atau disebut juga Jalan Raya Pos. Lokasi ini merupakan ruas jalan yang dibangun oleh Daendels yang membentang dari Anyer sampai Panarukan sepanjang 1.000 km.

Namun pada saat pembangunan jalan ini, ada banyak korban yang meninggal hampir mencapai 30.000 jiwa.

Pada saat itu, suasana jalan hanya ramai ketika berlangsungnya pertemuan Konferensi Asia Afrika. Tidak seperti saat ini di mana hampir setiap hari banyak yang berkunjung ke kawasan wisata kota tua Bandung ini.

Bahkan, kawasan ini sering dijadikan sebagai spot foto para wisatawan saat berkunjung ke kota Kembang ini. Berbagai bangunan tua yang dulu digunakan oleh pemerintahan Belanda, kini tetap masih menjadi jejak yang tersisa dan tidak hilang dimakan usia.

Jalan Asia Afrika Masa Kini

wisata kota tua bandung
http://piknikwisata.com

Di sekitar Jalan Asia Afrika ini kamu juga akan menemukan berbagai cafe otentik yang suasananya sangat kental dengan nuansa Eropa. Di lokasi ini pun, kamu juga dapat duduk bersantai sambil menikmati suasana kota Bandung yang masih tetap indah dan menarik.

Saat ini, Jalan Asia-Afrika dan diabadikan Pemerintah Kota Bandung di dinding tiang beton Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Ungkapan “Bumi Pasundan Lahir Ketika Tuhan Sedang Tersenyum” dari M.A.W. Brouwer ini menjadi spot foto favorit para wisatawan karena kata-katanya yang sangat indah.

Ah, pasti kamu pengen kesana kan? Menikmati sore yang sejuk sambil ditemani doi dan juga Bolu Susu Lembang yang nikmat! Nggak cuma nikmat, bolu yang satu ini juga cocok kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?