Gedung Kesenian Bandung yang Sering Mempertunjukkan Kesenian Sunda

gedung kesenian bandung

Gedung kesenian Bandung – Kota Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak sebutan diantaranya, pusat kota fashion, kuliner, dan kesenian. Julukan ini juga didukung dengan adanya fasilitas-fasilitas Pemerintah Kota Bandung salah satunya adalah adanya gedung kesenian Bandung. 

Bandung memiliki beberapa gedung kesenian, salah satunya yang termegah di Kota Bandung adalah Gedung Kesenian Sabilulungan. Gedung ini sering digunakan untuk pertunjukkan kesenian sunda. Tidak hanya gedung Sabilulungan, berikut gedung-gedung kesenian bandung lainnya yang juga sering digunakan untuk pertunjukkan seni Sunda. 

Gedung Kesenian Sabilulungan

Gedung kesenian Bandung ini dibangun pada tahun 2010 dan diresmikan tepat 20 Mei 2014. Selain itu, gedung kesenian Sabilulungan ini adalah gedung kesenian termegah di Bandung.

Sering difungsikan sebagai venue untuk pertunjukkan musik, teater, pelatihan seni atau pun acara lainnya. Selain memiliki fungsi sebagai pertunjukan seni, gedung kesenian Sabilulungan juga memiliki fasilitas menarik yaitu, Kaulinan Lembur.

Fasilitas ini dihiasi instalasi berukuran besar yang dibangun menyerupai bentuk alat permainan tradisional khas Parahyangan. 

Kaulinan Lembur ini memiliki fungsi untuk memperkenalkan permainan tradisional kepada anak-anak. Permainan tradisional tersebut diantaranya, permainan egrang, congklak, instalasi seni catur halma dan lain sebagainya. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi 

Gedung Kesenian (GK) Rumentang Siang 

Rumentang Siang masuk ke list gedung kesenian selanjutnya. Gedung ini terletak di jalan Baranangsiang Kosambi, Bandung. Berbeda dengan Gedung Kesenian Sabilulungan yang baru didirikan pada tahun 2010, gedung kesenian Rumentang Siang ini sudah berdiri sejak penjajahan Belanda.

Pada tahun 1925 gedung ini diberi nama Rivoli Theater, dan kerap digunakan untuk tempat pertunjukan opera. 

Selanjutnya gedung kesenian ini digunakan untuk pertunjukkan seni yang menggunakan Arena Panggung Terbuka dengan kapasitas 1.200 penonton.

Di Gedung Rumentang Siang ini juga terdapat taman teater yang berukuran lebih kecil yang biasanya digunakan untuk galeri pameran, sangar seni tari, perpustakaan dan tempat penjualan cendera mata. 

Saung Kesenian Angklung Udjo 

Gedung kesenian ini juga disebut dengan Saung Udjo didirikan pada tahun 1996 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati.

Pendirian Saung Angklung ini memiliki tujuan untuk melestarikan dan memelihara seni dan kebudayaan tradisional Sunda. Jika sedang berada di Bandung, kamu bisa mengunjungi saung ini di alamat Jalan Padasuka 118, Bandung Timur.

Saung Udjo ini juga sering digunakan untuk pertunjukkan seni khas Sunda, untuk melihat pertunjukkan seni, kamu bisa datang pada sore hari. Jadwal pertunjukkan baru dimulai pukul 15.30 sampai dengan 17.30 setiap hari.

Seperti namanya pertunjukkan seni ini biasanya menampilkan permainan angklung dan juga tarian tradisional, wayang golek dan lain sebagainya. 

Jika berkunjung ke Bandung, tidak hanya wisata fashion di Bandung kamu juga bisa menonton pertunjukkan seni di gedung-gedung kesenian di atas. Tentunya, tidak hanya bermain kamu juga bisa sambil belajar, loh! Menarik bukan? 

Tidak hanya itu, Bandung juga memiliki oleh-oleh khas Bandung yang terkenal dengan kelembutannya apalagi kalau bukan Bolu Susu Lembang. Kamu bisa mendapatkan bolu lembut nan manis ini di beberapa outlet yang tersebar di Bandung.

Dijamin setelah membawa pulang ini ke rumah kamu jadi ingin kembali lagi ke Bandung. Karena rasanya yang khas ini hanya dimiliki oleh Bolu Susu Lembang, Bandung. Tunggu apalagi dapatkan oleh-oleh ini segera ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?