Liburan Ke Bandung, Jangan Lupa Mencicipi Tutug Oncom Bandung ya!

tutug oncom nasi

Tutug oncom Bandung – Jika datang untuk berkunjung atau berwisata di suatu daerah maka salah satu hal wajib yang harus dilakukan adalah mencicipi makanan khasnya. Kuliner khas dari daerah memang selalu membawa rasa istimewa bagi siapa saja yang menikmatinya. 

Kalau Jogja terkenal dengan gudegnya, Bandung juga terkenal dan melegenda tutug oncom sebagai salah satu makanan khas tanah sunda. Sebelum mencicipi nasi tutug oncom saat mengunjungi bandung, simak dulu yuk fakta-fakta menarik tentang tutug oncom Bandung. 

Cerita asal usul tutug oncom

tutug oncom bandung
https://www.idntimes.com

Fakta menarik pertama adalah cerita asal usul tutug oncom. Tidak diketahui secara pasti kapan masyarakat sunda menjadikan tutug oncom menjadi makanan favorit. Namun, dulunya tutug oncom ini dikenal sebagai makanan untuk orang-orang dengan strata sosial rendah. Hal tersebut karena harganya yang murah dan proses pembuatannya yang sederhana, hanya memanfaatkan oncom dan nasi. 

Faktanya tutug oncom ini sudah ada sejak zaman dulu dan sejak tahun 1904 dijadikan sebagai sarapan. Untuk menikmati tutug oncom ini biasanya orang Sunda menikmatinya dengan secangkir teh hangat tanpa gula. 

Nama tutug diambil dari proses pembuatannya

tutug oncom bandung
https://cakbagus.net/makanan-khas-sunda/

Tutug diartikan sebagai tumbuk dalam Bahasa Sunda. Kata tersebut diambil dari proses pembuatan tutug oncom yang sekarang menjadi makanan favorit ini. Saat membuat tutug oncom, biasanya oncom bakar lebih baik ditumbuk terlebih dahulu.

Setelah proses penumbukan tersebut, oncom baru dicampur dengan nasi. Campuran oncom dan nasi itu dicampur hingga semuanya menyatu.

Menariknya, nasi bukan satu-satunya bahan yang digunakan sebagai pelengkap tutug oncom. Ada beberapa pilihan untuk menggantikan nasi di antaranya rengginang dan rempeyek yang ditumbuk kasar. 

Banyak digemari oleh seluruh masyarakat Sunda

menikmati tutug oncom bandung
https://nusantaranews.co

Dari proses pembuatannya yang mudah dan murah, tutug oncom ini selalu menjadi makanan favorit untuk warga Bandung, Tasikmalaya dan seluruh daerah di Jawa Barat.

Meskipun dulunya dikenal sebagai makanan untuk orang miskin, kini tutug oncom seolah disulap menjadi makanan elit dan banyak dijumpai di banyak rumah makan sunda. Hampir sebagian besar rumah makan sunda memiliki menu tutug oncom, dengan menawarkan varian telur dadar, ikan asin dan sambal. 

Rekomendasi tempat beli tutug oncom

Nah, setelah mengetahui beberapa fakta-fakta menarik tutug oncom yang enak dan murah. Saatnya sekarang kamu juga coba mencicipi tutug oncom. Sayang sekali dilewatkan jika berkunjung ke Bandung tetapi tidak mencicip makanan satu ini!

Untuk membeli tutug oncom ini kamu bisa datang ke daerah Pujasera Merdeka, atau mampir di Nasi Tutug Oncom Teh Ita di daerah Dago, Bandung.

Buat kamu yang sedang tidak ada di bandung namun ingin menikmati tutug oncom kamu bisa datang ke Pondok Geulis yang berada di kawasan Pasar Minggu. Restoran ini menawarkan paket nasi tutug oncom dengan pilihan lauk ayam goreng, tahu tempe, sambal dan lalapan. 

Meskipun di jual juga di kota lainnya, tutug oncom tentunya lebih nikmat jika dinikmati di daerah asalnya, Bandung, Jawa Barat. Nah, setelah menikmati tutug oncom di Bandung, lengkapi wisata kulinermu dengan membawa kudapan spesial, Bolu Susu Lembang.

Bolu satu ini juga termasuk makanan khas Bandung, loh! Tekstur lembut dan manisnya dijamin bikin kamu ketagihan. Kamu bisa mendapatkan Bolu Susu Lembang ini di berbagai gerai/outlet di Bandung, kabarnya sering cepat habis, jadi jangan sampai ketinggalan ya! Kunjungi salah satu outletnya di di Jalan. Buah Batu No. 271.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?