Banyak Melahirkan Musisi, Bandung dijuluki sebagai Kota Musisi

bandung kota musisi

Bandung kota musisi – Bandung memang dikenal sebagai salah kota kreatif yang ada di Indonesia. Selain memiliki berbagai kesenian tradisional, mulai dari tari, dan alat musik Bandung juga melahirkan banyak musisi besar dan terkenal di Indonesia.

Julukan tersebut tidak hanya sekedar julukan, pemerintah Kota Bandung juga turut mendukung untuk tetap mempertahankan kota Bandung sebagai kota musisi. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Bandung sebagai kota musisi. Langsung kepoin saja yuk! 

Rutin mengadakan acara tahunan bagi musisi muda

Demi mendukung musisi-musisi muda, pemerintah Kota Bandung kerap kali mengadakan acara tahunan yang diperuntukan untuk musisi muda. Salah satunya adalah acara gelaran Bandung Music Frontyard (BMF) 2017, acara ini setiap tahun dianggap sebagai barometer musik tanah air ini. Acara ini pun didukung sepenuhnya oleh pemerintah dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Pasalnya, musik di Bandung menjadi salah satu sub-sektor ekonomi kreatif yang bakal jadi prioritas pemerintah.

Band asli Bandung juga terkenal di kancah internasional

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak band asli Bandung juga dikenal di kancah internasional. Sebut saja, band Mocca. Band asal bandung ini memiliki genre musik pop jazz dan nuansa jadul 60-an. Lagu-lagu yang dibawakan sebagian besar menggunakan lagu berbahasa inggris, sehingga band ini mampu menembus industri musik luar negeri. Mocca juga dikontrak oleh perusahaan Jepang dan juga ada iklan Korea yang menggunakan lagu Mocca sebagai soundtracknya. 

Buku Ujungberung Rebel

Sejarah panjang Bandung sebagai kota musisi tertuang pada buku Ujungberung Rebel. Buku ini bercerita tentang Bandung dalam belantika musik metal di Indonesia dan pengaruhnya kepada generasi muda. Adanya buku ini disebabkan karena Bandung memiliki karya dan musisi dengan jumlah yang dapat dijustifikasi. Dengan adanya buku ini diharapkan musik akan selalu menjadi salah satu sektor ekonomi kreatif Bandung, bukan hanya musik yang bergenre metal, tetapi seluruh jenis musik yang mencerminkan kepribadian Kota Bandung sebagai kota musisi. 

Trend musik Indie lahir dari Kota Bandung

Adanya trend musik indie digadang-gadang menjadi musik bergenre baru yang sedang trend saat ini. Bandung menjadi salah satu kota di Indonesia yang berhasil melahirkan band-band Indie yang fenomenal. Band-band ini juga membanggakan bagi Kota Bandung di kancah nasional maupun internasional. Salah satu band Indie yang ikut mempopulerkan musik indie dari Bandung adalah The SIGIT. The SIGIT, merupakan band indie bergaya ‘rock n roll’ yang wajib menjadi pandangan generasi baru dalam berkarya. Band Bandung ini memiliki beberapa album dan lagu yang tidak hanya terkenal di dalam negeri, tetapi juga di luar tanah air.

Bandung menjadi kota ke-3 sebagai kota musisi

Karya-karya musisi Bandung ini juga menjadikan Bandung mendapatkan predikat Kota musik ketiga setelah New York dan Seatle. Alasannya, banyak ragam dan warna musik yang diciptakan oleh musisi-musisi Bandung. Bahkan beberapa musisi dari luar negeri mengakui bahwasanya mereka juga terpengaruh dengan band yang berasal dari Indonesia terutama Bandung. 

Itu lah beberapa fakta menarik tentang Bandung. Hal ini tentunya patut diapresiasi dan juga didukung dengan memberikan fasilitas untuk para musisi muda. Sehingga para musisi tersebut bisa terus membanggakan Indonesia di kancah internasional. 

Selain melahirkan musisi-musisi ternama saat ini, Bandung juga melahirkan salah satu oleh-oleh khas Bandung yang selalu dirindukan oleh semua orang ketika berkunjung ke Bandung. Apalagi jika bukan Bolu Susu Lembang. Tidak lengkap rasanya jika setelah mengunjungi Bandung kota musisi ini kamu tidak membawa pulang Bolu Susu Lembang. Jadi, jangan sampai lupa untuk mampir dulu ke outlet Bolu Susu Lembang yang ada di Jalan Buah Batu No. 271 ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?