Halo Halo Bandung: Lagu Perjuangan yang Dikenang Sepanjang Masa

Halo Halo Bandung

Halo Halo Bandung – Asal usul lagu “Halo Halo Bandung” tentu saja tidak lepas dari salah satu peristiwa penting dan bersejarah Indonesia yang terjadi di Bandung. Dimana  peristiwa ini sering dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api.

Pada 24 Maret 1946, menjadi satu sejarah yang tidak pernah terlupakan oleh warga Kota Kembang. Pada saat itu, warga Bandung serentak membakar rumah-rumah mereka, hingga kobaran api besar seperti mengurung wilayah Kota Kembang ini. Aksi pembakaran ini dilakukan karena terkait dengan kedatangan tentara NICA Belanda di Indonesia. Pembakaran Bandung dimaksudkan agar NICA tidak bisa menggunakan Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

Pada saat itu, pembakaran diawali ultimatum pihak Sekutu yang meminta agar Tentara Republik Indonesia atau TRI (TNI kala itu) meninggalkan kota Bandung. Ultimatum inilah yang lalu mendorong para pejuang Indonesia untuk membakar Bandung, karena tak rela jika kota itu dimanfaatkan pihak Sekutu dan NICA untuk menjadi markas mereka.

Terjadinya Bandung Lautan Api

Halo Halo Bandung
http://detik.com

Keputusan untuk membumihanguskan Bandung diambil melalui musyawarah Madjelis Persatoean Perdjoangan Priangan (MP3) di hadapan semua kekuatan perjuangan pihak Republik Indonesia, pada 24 Maret 1946 itu. Tak lama kemudian, Bandung benar-benar menjadi lautan api di mana asap hitam mengepul ke langit sementara listrik mati. Peristiwa pada saat itu sering dikenal dengan Bandung Lautan Api hingga saat ini.

Karena kota tak bisa ditinggali, warga saat itu pun keluar dari kota dan mulai meninggalkan Bandung. Seiring dengan peristiwa yang terjadi, para pejuang Indonesia dan rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung. Peristiwa inilah yang mengilhami lagu  “Halo Halo Bandung”, yang diciptakan oleh Ismail Marzuki.

Halo-halo Bandung

Ibukota periangan

Halo-halo Bandung

Kota kenang-kenangan

Sudah lama beta

Tidak berjumpa dengan kau

Sekarang telah menjadi lautan api

Beberapa tahun kemudian, lagu “Halo Halo Bandung” secara resmi ditulis menjadi kenangan dan emosi yang dirasakan serta dialami para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia saat itu. Lagu ini menjadi kenangan yang terus tergambar dalam bentuk semangat perjuangan rakyat kota Bandung dalam masa pasca kemerdekaan pada tahun 1946.

Bandung Masa Kini

Halo Halo Bandung
http://phinemo.com

Peristiwa Bandung Lautan Api hingga sejarah Halo Halo Bandung membuat Bandung menjadi kota paling kuat hingga saat ini. Kota kembang menjadi salah satu kota terbaik di Indonesia yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Mulai dari pemerintahan, hingga berbagai destinasi pilihan yang ada di kota ini pun terus ditawarkan. Bahkan Bandung juga terus memberikan destinasi wisata kuliner pilihan nan menarik yang terus dipertahankan dari dulu hingga sekarang dan layak untuk kamu coba. 

Salah satunya yaitu Bolu Susu Lembang nan lezat yang bisa menjadi pilihan tepat untuk menemani perjalananmu saat berkelana menikmati Kota Kembang ini. Selain rasanya yang manis, dengan tekstur yang lembut, Bolu Susu lembang menjadi camilan yang terus melekat di hati warga Bandung dari dulu hingga sekarang.

Tertarik untuk mencicipi berbagai varian rasa dari sekotak kue nikmat ini? Sebelum menjelajahi kota Bandung dan mengenang sejarah dari kota ini, kamu bisa mampir dulu ke salah satu outlet Bolu Susu Lembang yang terletak di Jl. Stasion Lama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?