Menakjubkan, Ini lah Deretan Seni Bangunan di Bandung

seni bangunan bandung

Seni bangunan Bandung – Bandung jadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki objek wisata yang wajib dikunjungi. Tidak hanya itu Bandung juga memiliki bangunan-bangunan yang berseni tinggi. Tidak heran jika banyak wisatawan yang pergi ke Bandung untuk mengunjungi bangunan yang berseni ini. Selain untuk belajar sejarah, bangunan-bangunan ini juga bisa dijadikan objek foto. 

Pemerintah setempat pun mengupayakan agar bangunan atau gedung di Bandung tidak hanya berfungsi namun juga menambah nilai estetika atau seninya. Berikut adalah deretan bangunan paling berseni dan bergaya unik di Bandung yang wajib kamu kunjungi! 

Selasar Sunaryo

Seni bangunan di Bandung yang pertama adalah Selasar Sunaryo. Salah satu galeri dan art space legendaris di Bandung, sampai saat ini masih aktif menggelar pameran kesenian dan kebudayaan. Selasar Sunaryo ini dianggap memiliki seni tinggi karena bangunan amphiteather yang berada di lahan berkontur miring. Keindahan bangunan Selasar Sunaryo ini bahkan mendapat penghargaan dari IAI National Award pada tahun 2021 sebagai kategori Bangunan Publik dan Budaya. Seni yang dimiliki oleh Selasar Sunaryo ini adalah maha karya dari Arsitektur Baskoro Tedjo yang dipercaya membangun galeri dengan seni bangunan. Jika kamu tertarik, kamu juga bisa berkunjung ke Selasar Sunaryo yang berlokasi di Jalan Bukit Pakar Timur No.100, Dago Ciburial, Kabupaten Bandung

Masjid Al-Irsyad

Selain berfungsi menjadi tempat beribadah, Masjid Al-Irsyad ini didesain tidak seperti masjid pada umumnya. Pasalnya, masjid ini berdiri tanpa kubah. Dari luar tampak hanya seperti kubus biasa yang menonjol dengan garis-garis hitam di bagian dinding. Masjid yang juga berseni ini dirancang langsung oleh Ridwan Kamil yang saat itu menjabat sebagai walikota Bandung. Masjid Al-Irsyad ini memiliki filosofi desain modern dan memanfaatkan sinar matahari, ketika diterpa sinar matahari di sore hari, bagian bangungan yang tak berdinding akan membentuk lafaz dalam bahasa Arab. Unik dan menarik ya! 

Bandung Techno Park

seni bangunan bandung

Jangan salah icon Bandung ternyata tidak hanya gedung sate. Icon Bandung lainnya adalah Bandung Techno Park yang berlokasi di Kawasan Dayeuhkolot. Bangunan ini merupakan hasil dari Institut Teknologi Telkom dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Tujuan di bangunnya bangunan ini adalah untuk memfasilitasi para peneliti Indonesia melahirkan inovasi di bidang teknologi dan informasi. Dengan luas lahan kurang lebih lima hektar, Bandung Techno Park ini memiliki gaya desain unik dan arsitektur yang lain dari bangunan lainnya. 

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

seni bangunan bandung

Jika kamu menyukai wisata ke tempat-tempat bersejarah seperti museum. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Selain menambah pengetahuan, kamu juga bisa pergi kesana untuk mendapatkan objek foto bangunan yang memiliki seni tinggi. 

Arsitektur bangunan ini terinspirasi dari bambu runcing, sebagai perlambangan perjuangan rakyat Indonesia pada saat kemerdekaan. Di bagian depannya, terdapat relief yang menggambarkan kisah-kisah heroik saat masa penjajahan Belanda dan Jepang. Monumen ini diresmikan pada bulan Agustus 1995 silam. Jika kamu berkunjung kesana kamu akan melihat bentuk bangunan ini unik, dan mirip dengan bangunan futuristik yang muncul di film-film berlatar belakang masa depan. 

Alun-Alun Cicendo

Bagi kota-kota di Indonesia yang memiliki alun-alun dianggap sudah biasa. Namun, alun-alun Cicendo ini dianggap sebagai alun-alun yang memiliki desain unik dan dijamin berbeda dengan bentuk alun-alun kebanyakan di kota lainnya di Indonesia. Dari mulai tangga berbentuk nyeleneh di alun-alun ini, meskipun dianggap nyeleneh nyatanya banyak warga dan wisatawan datang kesini untuk berfoto-foto.

Itu dia beberapa seni bangunan yang ada di Bandung yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Bandung. Selain menambah ilmu, tentunya berkunjung di bangunan-bangunan berseni tersebut kamu bisa mendapatkan objek foto yang memiliki nilai estetika tinggi, apalagi buat kamu yang memiliki hobi fotografi. 

Lelah setelah berkeliling Bandung untuk foto bangunan berseni, jangan lupa untuk mampir di salah satu outlet Bolu Susu Lembang di Jalan Buah Batu No. 271. Oleh-oleh ini bisa kamu dapatkan dulu sebelum pulang dari Bandung. Dijamin dengan kelembutan dan varian rasa yang ditawarkan bikin perjalananmu dari Bandung semakin berkesan! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?