Yuk Mengenal Seni Budaya Bandung yang Beragam

seni budaya bandung

Seni Budaya Bandung – Budaya Sunda dikenal dengan budaya yang sangat menjunjung tinggi sopan santun. Pada umumnya karakter orang Sunda ramah tamah, murah senyum, lemah lembut, dan sangat menghormati orang tua. Itulah cermin budaya dan kultur orang Sunda.

Suku Sunda merupakan suku yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Suku Sunda adalah salah satu suku yang memiliki berbagai kebudayaan daerah, diantaranya pakaian tradisional, kesenian tradisional, bahasa daerah, dan masih banyak lagi.

Berikut macam-macam seni budaya Bandung yang beragam, simak penjelasan berikut ya

1. Seni budaya Bandung salah satunya adalah Bahasa Daerah Jawa Barat

Penduduk asli Provinsi Jawa Barat adalah suku Sunda dan Cirebon, sehingga bahasa sehari-hari yang mereka gunakan adalah bahasa Sunda dan Cerbon.

Dalam bahasa Sunda dikenal istilah undak-unduk basa, yaitu pemakaian bahasa sesuai tingkat sosial pemakai bahasa yang dianggap kasar, sedeng lemes, cohag atau kasar pisan, atau lemes pisan.

Dalam bahasa Sunda juga dikenal beberapa dialek. Dialek adalah cara pengucapan kata-kata yang khas di suatu daerah atau kelompok masyarakat, istilahnya disebut logat atau aksen.

2. Rumah Tradisional Khas Jawa Barat

seni budaya bandung
www.detik.com

Pada umumnya rumah adat masyarakat Sunda asli berbentuk panggung (imah panggung). Rumah adat sunda berbentuk segi empat agak memanjang, dengan lantai rumah yang terbuat dari palupuh.

Dinding rumah adat terbuat dari bilik, yaitu anyaman bambu dengan pola kepang atau sasag. Kerangka rumahnya terbuat dari kayu, dengan penyangga tiang dari batu yang dinamakan tatapakan. Atap rumahnya terbuat dari ijuk atau daun rumbia.

3. Pakaian Adat Khas Jawa Barat

Suku Sunda mempunyai pakaian adat atau tradisional yang sangat terkenal, yaitu kebaya. Kebaya merupakan pakaian khas Jawa Barat yang sangat terkenal, sehingga kini kebaya bukan hanya menjadi pakaian khas sunda saja tetapi sudah menjadi pakaian adat nasional.

Itu merupakan suatu bukti bahwa kebudayaan daerah merupakan bagian dari kebudayaan nasional.

4. Kesenian Tradisional Khas Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan seni dan budaya. Berikut beragam kesenian daerah yang dimiliki antara lain sebagai berikut.

  • Rampak kendang, rampak kendang merupakan suatu pertunjukan kendang yang dimainkan secara bersama-sama. Namun kesenian rampak kendang nggak hanya memerlukan kendang saja, ada alat-alat lainnya seperti, gamelan, rebab, dan gitar.
  • Jaipong, jaipong merupakan tarian yang menggabungkan berbagai macam gerakan seperti gerakan tari ronggeng, tari ketuk tilu, dan juga beberapa gerakan pencak silat
  • Sintren
  • Blantek
  • Wayang Golek

5. Alat Musik Tradisional 

seni budaya bandung
www.suarawajarfm.com

Beberapa kesenian alat musik tradisional seperti

  • Karawitan
  • Degung
  • Kliningan
  • Cianjuran
  • Angklung
  • Dog-dog
  • Tarawangsa
  • Rengkong
  • Tarling

6. Seni Tari 

seni budaya bandung
www.medcom.id

Tarian daerah yang terdapat di Jawa Barat meliputi dua kelompok. Ada kelompok tarian klasik dan ada juga kelompok tarian kreasi.

  • Tarian klasik adalah jenis tarian yang masih kental dengan tradisi budaya daerah

Contoh : Tari Tayuban atau Nayuban, Ronggeng Gunung, Ketuk Tilu, Doger Kontrak, Longser, Banjet, Bangreng, Kemprongan, Bedaya Tara-Wangsa, Kadagan, Sekar Putri, Lenyepan, Gawil, Ponggawa, Topeng Betawi, Merak, Kijang, Kupu-kupu, Topeng, Sulintang, Ratu Graeni, Kendang Penca, Anjasmara, Reog, Ibing, Keurseus, Gotong singa.

  • Tarian Kreasi adalah Jenis tarian yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Contoh : Tari Jaipong.

Nah, berikut penjelasan diatas merupakan segelintir Seni Budaya Bandung, sebenarnya masih ada banyak lagi lho.

Bandung juga memiliki oleh-oleh Khas Bandung, yaitu Bolu Susu Lembang. Bolu ini sangat terkenal dengan kelembutan teksturnya, dan rasanya enak banget, pokonya bikin nagih! Cek di sini ya, ada banyak variannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?