Simak Sejarah Gedebage Bandung yang Strategis

Sejarah Gedebage Bandung –  Siapa sih yang nggak tau Gedebage Bandung? Salah satu kecematan di Bandung bagian selatan ini punya cerita sejarah yang harus kamu tau loh.

Bukan orang Bandung namanya kalau belum tau dearah yang ikonik ini. Pernah terbayangkan nggak sih kayak gimana tampilan Gedebage Bandung waktu jaman dulu? Yuk simak sejarah singkatnya berikut ini.

Sejarah singkat Gedebage Bandung

Sumber : Twitter.com

Singkatnya, Gedebage pada jaman penjajahan Belanda digunakan oleh tantara Republik Indonesia sebagai salah satu tempat pertahanan yang strategis.

Pada saat itu tepatnya tahun 1946, tantara Indonesia menolak keputusan Belanda untuk membelah Bandung menjadi 2 wilayah dengan Batasan rel kereta api.

Di bagian selatan menjadi daerah sekutu dan bagian utara separuhnya menjadi daerah Republik.

Meski sudah ditekan Belanda dengan mengosongkan Bandung Utara dan menyingkirkan luar seluas garis jari-jari 11 Km, tantara Indonesia tetap kukuh untuk mempertahankan kemerdekaan.

Akhirnya sekutu melakukan gencatan senjata, menyerbu daerah tersebut dengan serangan berbagai arah bahkan pasukan bersenjata dari udara pun dikerahkan. Hal tersebut menimbulkan peristiwa bersejarah Lautan Api.

Saking stategisnya, Gedebege jadi pusat pengembangan perekonomian di wilayah Bandung Selatan dan sekitarnya. Saat ini Gedebege yang stategis ini daerah persimpangannya dikelilingi daerah produsen di belakang Kodya Bandung.

Apalagi stasiun kereta api di Gedebage juga menjadi Terminal Peti Kemas Bandung (TPKB) demi lancarnya lalu lalang kegiatan ekspor impor yang awal mulanya baru saja datang dari Tanjung Priuk.

Oh iya, sekedar informasi, Gedebege sayangnya kerap menjadi langganan banjir ketika musim hujan tiba. Namun hal tersebut sudah diatasi Gubernur Jawa Barat pada 2016 yang lalu dengan membangun danau buatan dan tol air di Gedebege.

Gedebage Bandung, tempat thrifting baju favorit

Sumber : pingpoint.co.id

Di Gedebage juga banyak banget thrifting shop yang memiliki kualitas berbeda. Tinggal cermatnya kamu memilih baju yang masih bagus ya.

Nah, di Gedebage ini terkenal banget jadi surganya hunting baju bekas atau sisa pabrik yang jadi favorit apalagi kalangan muda.

Nama tempatnya adalah Pasar Cimol Gedebage. Lokasinya berada di belakang Pasar Induk Gedebage, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung. Untuk sampai ke sini kamu bakal melewati pasar sayuran yang jaraknya berkisar 1 KM saja.

Tentu harga yang ditawarkan sangat murah dan bervariatif, tentu dengan kualitas yang berbeda-beda ya. Jadi lebih teliti dan cermatlah berbelanja biar dapet barang yang bagus dan nggak nyesel untuk di bawa pulang.

Biasanya untuk baju dengan beragam merek ternama harganya Rp15.000 – Rp50.000 saja. Tapi kamu juga bisa menemukan kaos di sini muali dari Rp10.000 saja. Wah murah banget yah.

Pasar Cimol Gedebage ini menajdi salah satu tempat thrifting baju terbesar loh. Dijamin nge-thrif kamu bakal seru deh dan awas yahh kalap banyak banget beli bajunya.

Potret Gedebage Bandung

Nah, buat yang penasaran bagaimana kondisi Gedebage beberapa tahun kebelakang, berikut beberapa potret sudut Gedebage sekitar beberapa tahun yang lalu.

Sumber : twitter.com
Sumber : infobdg.com
Sumber : antaranews.com

Bandung memang memiliki keindahan dan ciri khasnya tersendiri. Kamu bisa menikmati indahnya Kota Bandung yang kaya sejarah dan budaya.

Tidak heran sering dijumpai tempat wisata bersejarah dan wisata alam yang indah banget. Apalagi kulinernya, duhh segudang. Banyak banget.

Puas belanja dan berkeliling, saatnya beli oleh-oleh buat keluarga dan sahabat nih. Nggak usah bingung buat pilih mana yang enak, Bolu Susu Lembang bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu.

Praktis dibawa, awet dan dijamin enak ini cocok banget dibawa pulang sebagai oleh-oleh Khas Bandung. Cobain deh, Bolu Susu Lembang kualitas dan rasanya juara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?