Curug Batu Templek: Tiket Masuk Terbaru, Daya Tarik, Rute Lokasi

Pesona alam Bandung tidak pernah habis untuk menarik para wisatawan datang berkunjung. Salah satu destinasi wisata yang bisa dituju saat liburan atau akhir pekan adalah Curug Batu Templek. Ini termasuk tempat yang banyak dikunjungi wisatawan di akhir pekan dan hari libur. Apa keunikan yang dimiliki curug yang satu ini? Simak ulasannya berikut ini!

 

Baca juga : Keindahan Situ Sangkuriang, Hidden Gems Wisata di Bandung

 

Keindahan Curug Batu Templek

Daya tarik utama Curug Batu Templek adalah keindahan alamnya yang masih sangat alami. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan dikeliling tebing-tebing yang tinggi, sehingga air mengalir turun ke bawah melewati tebing. Curug ini terbentuk secara alami, sehingga semakin menambah nilai keindahan yang ditawarkan.

Kondisi alam di sekitar curug juga sangat asri, dipenuhi pepohonan rindang yang lebat dan udara yang masih bersih. Suasana curug ini memang sangat tenang dan nyaman untuk Anda yang ingin menyegarkan pikiran dan kesibukan sehari-hari. Suara gemericik air yang tercipta secara alami semakin menyempurnakan pesona alam Curug Batu Templek

Aktivitas Seru di Curug Batu Templek

Foto oleh @cahyu_20

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Curug Batu Templek. Kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung adalah berjalan-jalan untuk menjelajah sekitar air terjun. Tempat ini juga sering dikunjungi oleh mereka yang suka gowes atau bersepeda, baik itu datang secara mandiri atau bersama-sama dengan komunitas. 

Foto oleh @cahyu_20

Dengan pesona alam yang indah, Curug Batu Templek tentu menjadi destinasi wisata yang instagramable. Jika Anda berkunjung ke sini, bersiaplah untuk mengabadikan momen seru dengan latar belakang alam yang cantik. Tempat wisata yang satu ini juga menjadi tujuan yang pas untuk Anda yang suka dengan kegiatan outdoor seperti hiking atau trekking. Hutan yang ada di dekat Curug Batu Templek menawarkan petualangan tersendiri, sekaligus menjadi aktivitas fisik yang bermanfaat untuk kesehatan.

Tiket Masuk

Untuk bisa menjelajah Curug Batu Templek, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk yang perlu dibayarkan adalah sebesar Rp 5.000 per orang dan biaya parkir tambahan Rp 5.000 per kendaraan. Sedangkan tarif untuk camping adalah Rp 30.000 per orang.

Rute Lokasi

Foto oleh @maslindu69

Curug Batu Templek terletak di Desa Guniungmasigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung. Dari pusat kota Bandung, tempat ini berjarak sekitar 50 kilometer. Untuk bisa mencapai tempat ini, Anda bisa mengambil rute menuju Jalan Kopo, kemudian ke Jalan Ciwidey. Ikuti Jalan Raya Ciwidey sampai bertemu dengan pertigaan Gunungmasigit. Ambil jalur belokan ke kiri, kemudian ikuti terus jalan tersebut hingga sampai di Curug Batu Templek.

Tips Berkunjung

Bagi Anda yang berniat mengunjungi Curug Batu Templek, simak beberapa tips berikut ini agar kunjungan makin nyaman:

  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, terutama jika Anda berencana untuk melakukan aktivitas fisik seperti mendaki.
  • Sebaiknya bawa bekal makanan dan minuman sendiri karena tidak ada warung di sekitar Curug Batu Templek.
  • Pastikan untuk berhati-hati saat mendaki karena jalur pendakian yang cukup terjal.

Selain itu, pastikan kondisi tubuh Anda sehat saat datang ke Curug Batu Templek. Terlebih jika Anda berencana untuk trekking di hutan di sekitar curug. Disarankan juga untuk berkunjung di musim kemarau, karena permukaan tanah di area air terjun cenderung licin di musim hujan, serta aliran air terjun juga lebih deras dari biasanya.

WhatsApp chat