Mengenal Komunitas UMKM Bandung, BYE

bandung youth entrepreneur

Bandung Youth Entrepreneur (BYE) adalah komunitas UMKM Bandung, dengan tujuan berkolaborasi dengan penggiat 80 UMKM lainnya yang ada di Bandung. Hal ini dilakukan untuk memajukan perekonomian Bandung. Lantas apa saja sih kegiatan dan program dari Bandung Youth Entrepreneur (BYE) Berikut ulasannya.

Memberikan Pelatihan kepada 80 UMKM Lainnya

bandung youth entrepreneur
Sumber: zonapriangan.pikiran-rakyat.com

Sebagai komitmen untuk memajukan UMKM Bandung, BYE memiliki program pendampingan untuk pelatihan rutin dengan para penggiat UMKM lainnya. Tujuannya adalah mengembangkan iklim usaha di lingkungan UMKM. Program pelatihan atau pendampingan ini juga cukup banyak peminatnya, sehingga bisa jadi potensi untuk menyambut sinergi yang lebih baik di masa depan. Dalam pelatihan BYE juga memberikan pendampingan dari mulai produksi hingga bidang pemasaran, dan hal ini disambut baik oleh para penggiat UMKM.

Rutin Memperkenalkan UMKM Bandung dengan Menggelar Festival

komunitas umkm bandung
Sumber: promediateknologi.com

Selain rutin mengadakan pelatihan, Bandung Youth Entrepreneur (BYE) juga rutin mengikuti festival untuk memperkenalkan UMKM di Bandung. Salah satunya adalah pada saat acara Hari Jadi Kota Bandung, BYE mengikuti festival kuliner dengan 50 tenant UMKM di bidang kuliner. Dengan mengikuti acara ini diharapkan para pelaku UMKM dalam bidang kuliner bisa memperkenalkan serta memasarkan produknya kepada konsumen. Selama acara berlangsung, komunitas UMKM BYE juga terus mendampingi dan memberikan edukasi untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan pelaku usaha UMKM.

Memiliki 60 Fasilitator

Fakta menarik lainnya dari komunitas UMKM Bandung Youth Entrepreneur (BYE) adalah sudah memiliki 60 fasilitator yang membantu membimbing para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, bagi UMKM yang bergabung dengan BYE akan didampingi oleh fasilitator untuk mengoptimalisasi dan pengenalan produk, mendapatkan pendampingan intensif, dan pengenalan pemasaran melalui dunia digital.

Bimbingan Legalitas usaha

Lebih lanjut, Bandung Youth Entrepreneur (BYE) juga mengadakan bimbingan untuk legalitas usaha, mulai dari sertifikasi halal, HAKI, desain kemasan dan logo, hingga fasilitas permodalan. Semua ini bisa didapatkan secara gratis, para UMKM yang bergabung juga mendapatkan konsultasi untuk pengembangan usaha gratis. Dampaknya, sudah banyak para pelaku usaha yang berhasil meningkatkan omset dari bergabung dengan Bandung Youth Entrepreneur.

BACA JUGA: Brand Lokal Di Bandung Go Internasional!

Itulah beberapa fakta unik tentang komunitas UMKM Bandung Youth Entrepreneur (BYE) yang sekarang sudah ada 60 UMKM yang bergabung. Pendirian komunikasi UMKM Bandung ini adalah untuk mendukung dan mengembangkan usaha kecil dengan skala mikro hingga makro. 

Jika BYE mendukung UMKM dengan memberikan fasilitas bimbingan, kamu pun bisa mendukung UMKM kecil dengan membeli dan menggunakan produk lokal. Tidak kalah dengan UMKM lainnya, Bolu Susu Lembang selalu menjadi pilihan utama soal oleh-oleh khas Bandung. Jika kamu sedang ada rencana untuk berkunjung ke Bandung jangan lupa untuk mencicipi beragam varian rasa Bolu Susu Lembang. 

Butuh bantuan?