Sejarah Lembang, Penuh Wisata Memukau

Sejarah Lembang – Siapa yang pernah berkunjung ke Lembang untuk mencari wisata kekinian? Lembang memang salah satu tempat yang menyajikan berbagai wisata seru, hits dan kekinian. Lembang yang terletak di Bandung Barat ini sangat menarik perhatian wisatawan karena termasuk tempat yang unik, menyediakan berbagai kuliner dan wisata yang beragam.

5 Hal Penting Seputar Sejarah Lembang!

sejarah lembang
Sumber: tokopedia.com

Meskipun sudah banyak yang tahu daerah Lembang, tapi sudah tahukah Anda mengenai sejarahnya? Nyatanya ada banyak hal menarik yang perlu di explore dan dikenali oleh masyarakat umum lho! Benarkah Lembang merupakan daerah yang sudah hits sejak zaman dulu? Daripada penasaran, mari kita cek berbagai sejarah dan fakta menarik tentang Lembang berikut ini!

Lembang Berasal dari Ladang Kopi dan Tembakau

sejarah lembang
Sumber: kompas.com/

Tahukah Anda bahwa dulunya, Lembang adalah daerah yang dominan dengan ladang kopi, tembakau dan peternakan sapi, lho! Bisa dikatakan bahwa Lembang hanyalah desa kecil yang berada di ujung Bandung saat itu. Karena mayoritas penduduknya bekerja di perkebunan, maka semakin tahun desa ini semakin subur, berkembang dan menjadi desa dengan tampilan alam yang indah.

Mengapa Dinamakan Lembang?

Dari nuansa kehidupan pedesaan, mengapa desa ini dinamakan Lembang? Menurut ahli sejarah, Lembang adalah nama yang diambil dari kata “Ngalembang” yang berarti genangan air. Memang, setiap hujan desa ini selalu digenangi air terus menerus. Karena itulah penduduk setempat sepakat menamai desa ini dengan nama Lembang. Apakah Bolu mania juga baru tahu tentang ini?

Lembang Menjadi Pusat Ilmu Dunia

Siapa sangka, desa yang kecil ini juga sempat menjadi pusat ilmu dunia lho! hal ini terjadi karena dulunya Lembang tidak lepas dengan pembangunan observatorium Bosscha atau referensi keilmuan para astronomi dunia. Karena mulai dikenal, di Lembang mulai dibangun pendopo alun-alun Lembang yang berfungsi sebagai ruang diskusi para pejabat. Cuaca dingin di Lembang membuat bangunan pendopo disini tertutup lho! keunikan pendopo tertutup ini juga mampu menjadi daya tarik bagi para wisatawan!

Berkembang Menjadi Distrik Ujungberung Kulon

Perkembangan Lembang yang semakin tahun semakin pesat, membuatnya menjadi distrik Ujungberung Kulon. Hal ini terjadi karena Lembang adalah salah satu lokasi yang sejak zaman dulu ditempati kerajaan Priangan. Banyak sejarah unik yang membuat Lembang menjadi salah satu tempat yang spesial di Bandung, masyarakat Bandung wajib tahu sejarahnya ya!

BACA JUGA: 7 Brand Lokal Bandung yang Viral

Tempat Wisata Kekinian

Disamping sejarah yang luar biasa mengenai Lembang, kini pemerintah juga mulai mensukseskan daerah Lembang dengan mendukung berbagai wisata kekinian yang hits dan disukai oleh seluruh kalangan. Jika Anda mencari referensi mengenai berbagai wisata di daerah Lembang, bisa mencari di internet atau media sosial terlebih dahulu, dijamin Anda akan puas menikmati berbagai wisata yang disuguhkan di Lembang.

Itulah 5 poin yang perlu Anda ketahui seputar Lembang. Selain membahas sejarah dan berbagai wisata yang bisa dikunjungi, Lembang juga menyajikan sebuah kuliner kekinian dan dijamin lezat yaitu Bolu susu Lembang. kebetulan, bolu ini berada di daerah Lembang sehingga Anda bisa langsung mampir untuk mendapatkan bolu terlezat ini ya!

Bolu Susu Lembang adalah salah satu makanan kekinian yang istimemewa karena dibuat dengan berbagai bahan pilihan, ditambah banyaknya varian rasa yang bisa Anda pilih saat ingin menikmatinya. Penasaran rasa lezat dari bolu ini? kami tunggu kedatangan Anda di Lembang ya!

Butuh bantuan?