Oleh oleh Bandung Tahan Lama, Order Yuk!

Membahas kuliner dan camilan Bandung memang tidak akan pernah ada habisnya. Bagaimana tidak, Bandung memiliki banyak pilihan cemilan atau oleh-oleh khas yang tahan lama, dan tentunya memiliki citarasa lezat. Oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama dijamin cocok untuk dibawa sebagai buah tangan, apalagi jika tempat asal jauh dari kota Bandung. Jadi, Bolumania tidak akan takut oleh-olehnya kadaluarsa. Lalu, apa sajakah oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama? Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Peuyeum

Jika ditanya camilan apa yang paling khas dari Bandung? Sudah pasti jawabannya adalah peuyeum. Selain, memiliki cita rasa yang enak peuyeum ternyata adalah salah satu oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama. Peyeum juga disebut serbaguna, karena kamu bisa mengolahnya menjadi makanan enak. Menyimpan peyeum juga cukup mudah, kamu hanya perlu menyimpannya di kulkas karena peuyeum adalah makanan hasil dari fermentasi. 

2. Gepuk Nyonya Ong

Oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama berikutnya adalah Gepuk. Makan ini dibuat dari daging sapi yang digeprek dan dimasak menggunakan beberapa varian bumbu sehingga menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Buat kamu yang sedang berkunjung ke Bandung, tidak ada salahnya membawa oleh-oleh Gepuk Nyonya Ong, karena oleh-oleh ini cukup tahan lama, yaitu kamu bisa menyimpannya di lemari pendingin selama 2 bulan. 

3. Oncom Raos

Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan oleh Bolumania adalah oleh-oleh khas Bandung, oncom raos. Makanan khas ini terbuat dari olahan oncom yang digoreng, dan sudah jadi makanan favorit bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya. Nah, buat kamu yang ingin membawa buah tangan oncom raos, bisa datang ke salah satu outletnya di Jalan Cihampelas No. 57, Bandung. 

4. Batagor Riri

Sumber: promediateknologi.com

Jika kamu datang ke Bandung, tidak lengkap rasanya kalau belum cobain Batagor. Di Bandung sendiri ada salah satu tempat makan batagor yang sangat terkenal yakni, Batagor Riri. Selain, kamu bisa mencoba makanan ini langsung di tempatnya, kamu juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh khas Bandung. Tidak perlu khawatir basi, karena Batagor Riri bisa bertahan 3-4 hari jika disimpan di kulkas. Penasaran kan Bolumania? Kamu bisa langsung datang saja ke Batagor Riri di jalan Burangrang No. 41, Lengkong. 

5. Kopi Aroma

Bandung memang terkenal dengan kebun teh, khususnya di daerah Lembang. Namun, kopinya juga tidak kalah menggoda lho, Bolumania! Salah satunya kopi Aroma khas dari Bandung ini sering jadi primadona bagi wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh khas Bandung. Uniknya, kopi Aroma ini masih diolah secara tradisional, kamu juga bisa request kehalusan kopi sesuai dengan selera. Jika disimpan dengan baik, kopi Aroma ini tahan hingga berbulan-bulan. 

6. Bolu Susu Lembang

oleh oleh bandung tahan lama
Sumber: idatahmidah.com

Nah, bolu kekinian satu ini tidak boleh ketinggalan untuk dicatat, Bolu Susu Lembang. Memiliki varian rasa yang beragam mulai dari original, susu vanila, susu coklat, keju, dan lain-lain, tentu cocok di lidah semua orang. Soal teksturnya juga tidak diragukan lagi, Bolumania! Teksturnya creamy, lembut dan berasa banget susu asli Lembang yang akan melengkapi perjalananmu di Bandung. Jadi, sebelum pulang jangan lupa untuk membawa buah tangan Bolu Susu Lembang dari outlet-outlet yang sudah tersebar di kota Bandung dan sekitarnya. 

BACA JUGA: Ini 5 Ragam Budaya Etnis Sunda, Cek Yuk!

Itu lah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang bisa jadi pilihan bolumania sebelum pulang ke kota asal. Dari list di atas mana yang paling ingin kamu coba? Share di kolom komen, ya!

Butuh bantuan?