Healing di Perkebunan Teh Rancabali Bandung

Menyimpan keindahan alam yang memukau, ternyata Bandung juga menawarkan wisata alam gratis. Dari banyaknya tempat wisata gratis, salah satu yang berhasil banyak menarik perhatian adalah Perkebunan Teh Rancabali Bandung. Sebagai salah satu wisata kebun teh di Bandung, kira-kira hal istimewa apa ya yang dimiliki oleh kebun teh ini? Yuk jelajahi lebih dalam mengenai berbagai daya tarik Perkebunan Teh Rancabali di bawah ini! 

Pesona Memukau Perkebunan Teh Rancabali

Terletak di Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung, Perkebunan Teh Rancabali hadir sebagai tempat wisata gratis yang menawarkan keindahan alam memukau. Tempat yang satu ini menyimpan berbagai keindahan dan daya tarik yang tidak kalah menarik dari tempat wisata lainnya. 

Lalu kira-kira pesona apa saja yang bisa Anda dimiliki wisata alam Bandung yang satu ini? 

  • Pemandangan Hamparan Kebun Teh yang Luas
Perkebunan Teh Rancabali
Photo by @letsgobandung

Saat pertama kali tiba di Perkebunan Teh Rancabali, Anda akan disambut dengan pemandangan hamparan kebun teh yang luas. Di sini Anda bisa melihat hamparan hijau kebun teh yang membentang sejauh mata memandang. 

Pemandangan ini terasa lebih indah lagi karena barisan tanaman teh ini tertata rapi membentuk pola yang indah. Hijaunya perkebunan teh yang menyegarkan akan memanjakan mata dan memberikan ketenangan bagi para pengunjungnya. 

  • Menawarkan View Pegunungan
Photo by @radinia_nia

Selain pemandangan kebun teh hijau, Perkebunan Teh Rancabali ini juga menawarkan view pegunungan yang indah. Terletak di daerah pegunungan, di sini Anda bisa melihat indahnya perkebunan teh dengan latar belakang pegunungan. 

Bukit-bukit hijau dan gunung-gunung ini menciptakan pemandangan yang spektakuler. Pemandangan view pegunungan akan terasa lebih memukau lagi saat Anda melihatnya di pagi hari. Indahnya perkebunan teh yang hijau dengan latar belakang pegunungan yang ditutupi kabut tipis dijamin akan membuat Anda terpesona. 

  • Udara yang Menyegarkan  

Menawarkan hamparan kebun teh sepanjang mata memandang, Perkebunan Teh Rancabali ini pastinya juga memiliki udara yang sangat sejuk. Di sini Anda menghirup udara yang masih sangat segar dan bersih. Dengan suhu rata-rata 20 derajat setiap harinya, di sini Anda bisa merasakan dinginnya udara yang akan memberikan Anda kenyamanan. 

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Bandung yang Tidak Boleh Diskip!

Aktivitas Menarik di Perkebunan Teh Rancabali

Selain menawarkan pemandangan alam memukau, Perkebunan Teh Rancabali ternyata juga menyimpan berbagai aktivitas menarik di dalamnya. Berikut adalah beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke wisata kebun teh Bandung yang satu ini: 

  • Mengunjungi Pabrik Teh 

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di sekitar Perkebunan Teh Rancabali Bandung adalah mengunjungi pabrik teh. Di sekitar Perkebunan Teh Rancabali ini terdapat Pabrik Teh Walini yang menawarkan kegiatan edukasi menarik. 

Di dalam Pabrik Teh ini Anda bisa mempelajari banyak hal mengenai industri pembuatan teh. Proses pembuatan teh mulai dari cara pemetikan sampai hingga jadi produk teh siap dinikmati bisa Anda pelajari di sini. 

Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000

Jam Operasional: 08.00 – 17.00

  • Berfoto di Berbagai Spot Instagramable
Photo by @demendolan

Saat berwisata kurang lengkap ya rasanya jika tidak mengabadikan momen dengan berfoto. Nah,Perkebunan Teh Rancabali ini juga menyediakan beragam spot foto instagramable bagi Anda para pecinta fotografi. 

Di sini Anda bisa mengabadikan momen dengan memanfaatkan berbagai spot foto yang indah. Mulai dari hamparan perkebunan teh luas, pegunungan, hingga langit biru yang cantik bisa Anda gunakan sebagai latar belakang foto Anda. 

Dari berbagai spot tadi, salah satu spot foto ikonik di Perkebunan Teh Rancabali ini adalah Batu Gede. Seperti namanya, Batu Gede merupakan sebuah batu dengan ukuran sangat besar yang berada di tengah kebun teh ini. Pada spot ini Anda bisa menaiki Batu Gede untuk mendapatkan foto keren dengan latar belakang hamparan perkebunan teh luas dan pegunungan. 

  • Menaiki Golesat di Area Perkebunan Teh
Photo by @tikakyouchan

Selain dapat menikmati keindahan alamnya, di sekitar Kebun Teh Rancabali ini Anda juga bisa melakukan aktivitas seru menaiki golesat lho! Wahana golesat di kebun teh ini hadir dengan trek sepanjang 550 meter. 

Di sini Anda bisa merasakan serunya menaiki golesat di sepanjang trek dengan pemandangan kebun teh yang indah. Dengan wahana ini Anda bisa menikmati indahnya pemandangan di Perkebunan Teh Rancabali dengan cara yang unik dan menantang. 

Tarif: Rp. 50.000

  • Menikmati Kuliner Menggugah Selera

Dikenal sebagai wisata alam memukau, di Kebun Teh Rancabali ini ternyata Anda juga bisa menikmati kuliner menggugah selera lho! 

Setelah berjalan-jalan di sekitar kebun teh mungkin Anda lapar ya? Tenang saja, di sekitar kebun teh ini terdapat banyak warung yang menyediakan beragam pilihan menu. Dari banyaknya pilihan ini, salah satu makanan yang wajib Anda coba saat di sini adalah cuanki. Kelezatan semangkuk cuanki hangat yang Anda nikmati di sini akan semakin bertambah karena ditemani dengan pemandangan kebun teh yang menyegarkan. 

Selain cuanki, berbagai warung di sini juga menyediakan berbagai minuman hangat seperti teh, kopi, dan masih banyak lagi. Dijamin deh minuman hangat dan udara dingin di sini akan menjadi kombinasi yang sempurna. 

Rute Menuju Kebun Teh Rancabali

Berlokasi di Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Perkebunan Teh Rancabali ini cukup mudah untuk diakses. Wisata alam yang satu ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Jika dari arah Jakarta, Anda bisa melewati Tol Cipularang dan nantinya keluar di gerbang Tol Kopo Bandung. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju arah Ciwidey melalui Jalan Raya Soreang dengan jarak tempuh sekitar 50 menit. Setelah sampai di Ciwidey, maka Anda telah sampai di area wisata kebun teh Bandung ini. Tidak hanya pada satu titik, tetapi hamparan Perkebunan Teh Rancabali akan membentang luas di sepanjang jalanan ini.

Oleh-Oleh Khas Bandung

Bolu Susu Lembang | Photo by @nongssssga

Mumpung berkunjung ke Bandung untuk menikmati wisata kebun teh, kurang lengkap pastinya jika tidak sekalian membeli oleh-oleh khas Bandung. Dari banyaknya oleh-oleh lezat khas Bandung, salah satu yang wajib Anda beli adalah Bolu Susu Lembang

Menjadi salah satu oleh-oleh hits Bandung, Bolu Susu Lembang ini menawarkan berbagai sajian bolu lembut. Berbeda dari bolu lainnya, berbagai sajian di Bolu Susu Lembang dibuat dengan bahan dasar susu yang berkualitas tinggi. Di sini Anda bisa merasakan cita rasa bolu yang lembut dan moist dengan rasa susu yang kuat. Dijamin deh Anda akan ketagihan saat mencicipinya!

Hingga saat ini Bolu Susu Lembang telah memiliki 19 varian yang menggugah selera. Jika ingin menikmati kelezatan bolu ini Anda bisa mengunjungi berbagai store Bolu Susu Lembang yang tersebar di Bandung ya! 

Baca Juga: Wisata Bareng Keluarga Super Seru di Tepi Kota Healing

Itulah tadi berbagai pesona yang dimiliki oleh Perkebunan Teh Rancabali. Menawarkan berbagai pesona alam memukau, wisata kebun teh Bandung ini wajib masuk ke dalam list kunjungan Anda. Jangan lupa juga untuk mampir dan mencoba kelezatan Bolu Susu Lembang ya!

Butuh bantuan?