Saung Angklung Udjo: Wisata Edukasi dan Budaya yang Seru

Selain menawarkan wisata alam dan juga hiburan, Bandung ternyata juga menawarkan wisata edukatif yang menarik. Salah satu wisata edukatif yang banyak menarik perhatian adalah Saung Angklung Udjo. Menggabungkan kombinasi antara edukasi, budaya, dan juga hiburan, tempat ini menawarkan beragam aktivitas menarik di dalamnya. Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengeksplorasi lebih jauh mengenai wisata edukatif yang satu ini. 

Sejarah Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo
Photo by @jjulwashere

Sebelum masuk lebih jauh mengenal Saung Angklung Udjo, penting untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai sejarah Saung Angklung Udjo. Kira-kira bagaimana ya wisata budaya ini bisa tercipta? Lalu siapa yang mendirikan wisata budaya yang berharga ini? Mari simak lebih lanjut mengenai sejarah Saung Angklung Udjo

Didirikan oleh Udjo Ngalagena bersama sang istrinya Uum Sumiati. Akrab dikenal sebagai Mang Udjo, ternyata beliau adalah seorang murid dari Daeng Soetigna, yaitu seorang seniman angklung berbakat. Daeng Soetigna sendiri merupakan seniman angklung asal Pameungpeuk, Garut yang pernah tampil dalam acara Konferensi Asia Africa tahun 1955. 

Telah belajar banyak hal mengenai angklung sejak kecil, ditambah pengetahuannya yang didapatkan dari Daeng Soetigna. Mang Udjo beserta istrinya memutuskan untuk mendirikan Saung Angklung Udjo pada tahun 1966 lalu. 

Di awal berdirinya, tempat ini hanya mengadakan pelatihan angklung yang bisa diikuti oleh anak-anak sekitar. Namun, berkat ini ternyata membuatnya semakin dikenal luas oleh masyarakat. 

Karena kepopuleran nya, pada tahun 1971 Dinas Pariwisata Kodya Bandung menunjuk destinasi wisata ini sebagai sebuah objek wisata. Kemudian sejak saat itulah banyak wisatawan nusantara maupun mancanegara berkunjung ke  tempat wisata ini. 

Tidak sampai di sana, karena semakin dikenal luas, Pemerintah akhirnya memfasilitasi Mang Udjo untuk belajar mengembangkan Saung Angklung Udjo. Upaya pengembangan diberikan Pemerintah dengan memberikan beasiswa studi banding pengolahan Bambu ke Thailand pada Mang Udjo. Upaya ini ternyata menjadikan wisata ini semakin eksis dan berkembang dengan pesat hingga sekarang sebagai wisata budaya berharga Indonesia. 

Baca Juga: Bermain di Bandung Zoological Garden

Lokasi, Jam Operasional, dan Harga Tiket Pertunjukan

Sebagai salah satu wisata edukasi dan budaya yang eksis hingga kini, Saung Angklung Udjo telah menjadi destinasi wajib para wisatawan. Di bawah ini kami akan memberikan informasi seputar lokasi, jam operasional, dan harga tiket Saung Udjo:

  • Lokasi: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. 
  • Jam Operasional: 08.00 – 17.00
  • Harga Tiket Pertunjukan: Wisatawan Domestik: Weekday: Rp. 67.900 | Weekend: Rp. 72.750
  • Wisatawan Mancanegara: Weekday: Rp. 106.700 | Weekend: Rp.116.400

Menikmati Pertunjukan Budaya di Saung Angklung Udjo

Photo by @wifisignal90

Sebagai salah satu wisata budaya dan edukasi di Bandung, destinasi wisata yang satu ini menyajikan berbagai pertunjukan seni dan budaya. Di sini Anda bisa menyaksikan pertunjukan seperti Wayang Golek, Helaran Ceremony, Tari Topeng, Angklung Mini, hingga Trio Angklung. Selain itu terdapat juga pertunjukan Arumba atau alunan rumpun bambu dan juga Angklung Massal Nusantara. 

Tidak hanya dapat menyaksikan saja, bahkan di sini Anda bisa berpartisi juga lho! Terdapat sesi Angklung Interaktif, dimana para penonton juga bisa mencoba langsung memainkan angklung bersama para penonton lain. Pada sesi ini para penonton akan diberikan kesempatan untuk belajar dan mencoba bermain angklung bersama-sama. 

Kemudian pertunjukan ini juga berlanjut dengan sesi menari bersama. Pada sesi ini para penonton akan diajak untuk bergembira dan menari bersama dalam pertunjukan. Jadi tidak hanya dapat menikmati pertunjukan dengan menonton saja, tetapi para penonton bisa ikut merasakan kebersamaan dalam harmoni musik.  

Berbagai pertunjukan seni budaya yang ditampilkan ini dijamin akan menambah wawasan Anda mengenai budaya Nusantara secara lebih dalam. 

Jadwal Saung Angklung Udjo

Untuk dapat menikmati pertunjukan seni di tempat ini, Anda perlu datang di jam tertentu ya! Jadi pastikan Anda memperhatikan jadwal Saung Angklung Udjo di bawah ini!

  • Senin – Jumat: 15.30 – 17.00
  • Sabtu:13.00 – 14.30 | 15.30 – 17.00
  • Minggu: 10.00 – 11.30

Pertunjukan Regular tidak menetapkan minimal jumlah pengunjung. Jadi Anda bisa mengajak teman, pasangan, maupun keluarga untuk menonton pertunjukan di sini. Jangan lupa untuk reservasi terlebih dahulu ya!

Berbagai Fasilitas di Saung Angklung Udjo

Sebagai tempat wisata hits baik di kalangan domestik maupun mancanegara, fasilitas apa saja ya yang ada di wisata edukasi yang satu ini? Berikut adalah berbagai fasilitas lengkapnya:

  • Dapoer Angklung
Photo by @dapoer_angklung

 

Tidak hanya menyediakan wisata edukasi dan budaya saja, Anda juga bisa menikmati wisata kuliner. Dapoer Angklung merupakan salah satu wisata kuliner yang menawarkan beragam menu hidangan khas Sunda. Jadi, tidak hanya bisa menonton pertunjukan budaya Nusantara saja, di sini Anda juga bisa merasakan nikmatnya hidangan khas Nusantara 

Jam Operasional: Senin-Jumat: 10.00 – 22.00 | Sabtu-Minggu: 07.00 – 22.00

  • Bale Karesmen

Fasilitas tidak kalah menarik lainnya yang tersedia di Saung Angklung Udjo ini adalah Bale Karesmen. Fasilitas yang satu ini bisa digunakan untuk venue berbagai event maupun acara. Jika Anda sedang mencari tempat sempurna untuk acara Anda, Bale Karesmen di Saung Angklung Udjo dapat menjadi pilihan yang tepat. 

  • Toko Oleh-Oleh

Berkunjung ke tempat wisata kurang lengkap rasanya ya jika tidak membeli oleh-oleh juga. Nah, Saung Angklung Udjo juga menyediakan toko oleh-oleh yang lengkap. Di sini Anda bisa menemukan beragam oleh-oleh mulai dari angklung, souvenir khas Indonesia,dan masih banyak lagi. 

  • Tempat Produksi Angklung
Photo by @salsabila.hn_

Tidak hanya menjadi rumah bagi pertunjukan seni Angklung, tempat ini juga terdapat tempat produksi Angklung. Di tempat produksi ini Anda bisa melihat langsung pembuatan Angklung dari awal hingga jadinya Angklung yang siap dimainkan. Jadi tidak hanya hiburan saja, di Saung Angklung Udjo Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru mengenai budaya tradisional Indonesia. 

  • Bamboo Hijau

Selain menawarkan kuliner Nusantara, Anda juga bisa menemukan cafe yang aesthetic. Anda bisa meraskan atmosfer yang nyaman dan sejuk saat mengunjungi kafe ini.

Di sini Anda bisa nongkrong asik sambil menikmati berbagai hidangan menggugah selera. Tersedia beragam menu, mulai dari kopi, mocktail, pasta, hingga berbagai snack dan main course.  

Range Harga: Rp. 18.000 – Rp. 45.000

Baca Juga: Tempat Liburan Bandung yang Cocok untuk Anak-Anak

Itulah tadi berbagai informasi mengenai wisata edukasi dan budaya yang menarik di Bandung. Menggabungkan hiburan dan budaya Nusantara dalam satu tempat, wisata ini wajib masuk dalam list kunjungan Anda. 

Setelah berkunjung ke Saung Angklung Udjo nanti jangan lupa juga untuk mampir membeli oleh-oleh di Bolu Susu Lembang ya!

Butuh bantuan?