8 Destinasi Wisata Budaya di Bandung, Belajar sambil Rekreasi!

Kota Kembang Bandung tidak hanya menawarkan destinasi wisata alam dan cafe-cafe estetik, namun juga menawarkan beragam destinasi wisata budaya yang tidak kalah menarik. Kalau Anda ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda, berikut ini sejumlah destinasi wisata budaya yang bisa Anda kunjungi.

 

Baca juga : 7 Destinasi Wisata di Pangalengan yang Viral, Dimana Saja?

 

Gedung Sate

Foto oleh @bwplagrande

  • Alamat: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.
  • Jam buka: 08.00-16.00 WIB.

Gedung Sate jadi ikon arsitektur klasik yang ada di Bandung dan kini berfungsi sebagai kantor pemerintahan provinsi. Gedung ini dibangun pada tahun 1920-an, namun gaya arsitektur art deco yang sangat memukau tidak membuat Gedung Sate jadi ketinggalan zaman. Di dalamnya terdapat sebuah museum kecil yang menjelaskan sejarah dan budaya Jawa Barat. Jangan lupa bawa kamera terbaik Anda di sini ya!

Museum Sri Baduga

Foto oleh @scndqya16

  • Alamat: Jl. BKR No.185, Pelindung Hewan, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.
  • Jam buka: 08.00-16.00 WIB.

Jika Anda penasaran dengan sejarah Sunda dan Kerajaan Pajajaran, Museum Sri Baduga bisa jadi pilihan yang tepat. Museum ini memiliki koleksi artefak bersejarah, diorama yang menghidupkan suasana masa lalu, dan pameran. Anda akan dibawa menjelajah ke masa lampau dengan berbagai macam peninggalan kerjaan, replika, hingga arca.

Taman Budaya Jawa Barat

Foto oleh @nittaramlie

  • Alamat: Jl. Bukit Dago Selatan No.53 A, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.
  • Jam buka: 09.00-17.00 WIB.

Berikutnya ada Taman Budaya Jawa Barat, tempat dimana Anda bisa menyaksikan pertunjukan seni dan budaya tradisional khas Jawa Barat. Di sini Anda bisa menikmati seni musik, seni tari, hingga seni rupa tradisional. Anda juga bisa ikut workshop dan kursus seni khas Jawa Barat.

Saung Angklung Udjo

Foto oleh @angklungudjo

  • Alamat: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung.
  • Jam buka: 08.00-17.00 WIB.

Siapa yang tidak tahu bahwa angklung adalah alat musik tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari bambu. Kalau Anda ingin balajar memainkan alat musik ini, Saung Angklung Udjo bisa jadi tujuan yang tepat. Selain belajar bermain angklung, Anda juga bisa menikmati pertunjukan angklung yang istimewa dari para pemain yang sudah ahli.

Jalan Braga

Foto oleh @arigembul

  • Alamat: Jl. Braga, Kec. Sumurbandung, Kota Bandung.
  • Jam buka: 10.00-17.00 WIB.

Tidak perlu jauh-jauh, destinasi wisata budaya bisa Anda temukan juga di pusat kota Bandung. Kawasan Braga dikenal punya deretan bangunan khas kolonial di sepanjang jalannya. Sejak era penjajahan Belanda, Jalan Braga memang sering digunakan untuk tempat nongkrong pemuda Eropa. Menyusuri sepanjang Jalan Braga akan membuat Anda bernostagia ke zaman dahulu. Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan di sini, mulai dari befoto di sudut-sudut estetik hingga mencicipi kuliner khas Eropa.

Gedung Indonesia Menggugat

Foto oleh @irnadewi890

  • Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan, No. 5, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.
  • Jam buka: 08.00-17.00 WIB.

Gedung Indonesia Menggugat termasuk tempat bersejarah di Bandung. Gedung ini pernah digunakan sebagai tempat pengadilan selama periode penjajahan Belanda. Sekarang, gedung ini telah menjadi museum yang menampilkan dokumentasi dan artefak sejarah perjuangan Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Anda dapat merasakan atmosfer sejarah yang kuat di sini.

Kampung Naga

Foto oleh @kampungnaga_tasikmalaya

  • Alamat: Neglasari, Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.
  • Jam buka: 08.00-17.30 WIB.

Kampung Naga lokasinya tidak jauh dari kota Bandung dan layak dijadikan destinasi wisata budaya Anda. Kampung ini dikenal sangat tradisional dengan rumah-rumah bambu yang sederhana. Warga Kampung Naga juga masih mempertahakan adat istiadat yang diturunkan oleh nenek moyang mereka.

Kampung Adat Cireundeu

Foto oleh @robby_ul

  • Alamat: Cireundeu, Leuwigajah, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi.
  • Jam buka: 24 jam.

Kampung Adat Cireundeu, yang letaknya dekat dengan kota Bandung, merupakan sebuah perkampungan yang masih mempertahakan budaya Sunda. Ini terlihat dari rumah-rumah tradisional dan upacara adat yang masih dilestarikan hingga saat ini.

 

WhatsApp chat