7 Surabi Bandung Legendaris dengan Cita Rasa Autentik

Dikenal akan keberagaman kulinernya, Bandung menyimpan banyak sekali kuliner menggugah selera di dalamnya. Mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner kekinian bisa Anda temukan di Bandung. Salah satu kuliner tradisional asli Bandung yang masih banyak ditemukan hingga saat ini adalah surabi. Berikut kami ini memberikan rekomendasi 7 surabi Bandung legendaris yang menawarkan cita rasa otentiknya.

Surabi Waroeng Setiabudhi

Surabi Bandung
photo by @waroengsetiabudhibdg

Surabi Bandung enak pertama yang bisa Anda coba adalah surabi Waroeng Setiabudhi. Tempat makan surabi ini telah menjadi salah satu surabi legendaris yang menawarkan hidangan surabi dengan cita rasa otentik. Di sini Anda bisa menikmati surabi Bandung dalam berbagai varian yang unik dan lezat pastinya. 

Tersedia beragam pilihan toping surabi, baik manis maupun asin. Jika ingin menikmati varian manis Anda bisa memesan surabi manis kinca kelapa, keju susu, coklat, pisang keju, dan masih banyak lagi. Sedangkan jika ingin surabi asin, tersedia berbagai varian mulai dari surabi oncom, telur, sosis ayam, dan masih banyak lagi. 

Daya tarik lain dari surabi Waroeng Setiabudhi adalah proses memasaknya yang masih menggunakan peralatan tradisional. Karena proses masak yang masih tradisional ini, sajian surabi di sini memiliki rasa otentik yang khas. 

  • Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No.175, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.
  • Jam Operasional: 14.30 – 23.30

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Dekat Alun Alun Bandung, Wajib Coba!

Serabi Mirasa

Surabi Bandung legendaris selanjutnya yang wajib Anda coba adalah Serabi Mirasa. Menjadi kuliner legendaris di Bandung, Surabi yang satu ini telah populer karena sudah ada sejak tahun 1986. Salah satu jajanan legendaris dari Bandung ini terkenal karena menyajikan surabi dengan rasa yang juara. 

Serabi Mirasa menjadi kuliner legendaris yang banyak digemari karena dikenal menyajikan surabi kinca dengan cita rasa yang sangat lezat. Di sini Anda bisa menikmati semangkuk surabi pandan yang disajikan bersama gula merah dan kuah santan yang masih hangat. Namun, tidak hanya surabi varian kinca saja, tersedia juga varian surabi oncom Bandung

  • Lokasi: Jl. Karang Anyar No.60, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat. 
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu: 12.00 – 18.00

Surabi Cihapit

Surabi Cihapit juga masuk ke dalam daftar surabi Bandung legendaris yang juga tidak boleh Anda lewatkan. Sudah tidak asing lagi dalam wisata kuliner Bandung, Surabi Cihapit telah menjadi salah satu jajanan hits yang paling banyak dicari. Tempat makan surabi ini menyediakan banyak sekali pilihan toping yang unik dan menggugah selera. 

Tersedia berbagai surabi dengan toping menarik seperti oncom pedas, telur, abon, kinca, coklat, keju, dan masih banyak lagi. Dari berbagai varian ini, terdapat beberapa varian paling favorit, yaitu surabi telur oncom pedas dan juga surabi telur ayam pedas. Selain terkenal akan keberagaman topingnya, surabi ini juga banyak digemari karena menyajikan  surabi dengan ukuran yang besar. Di sini Anda bisa menikmati surabi dalam porsi yang mengenyangkan dan toping yang melimpah. 

  • Lokasi: Jl. Sabang No.65, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. 
  • Jam Operasional: 07.00 – 22.00

Surabi Geboy 

Surabi Bandung
photo by @infocijerah.id

Jika Anda penggemar kuliner di malam hari, Surabi Geboy merupakan salah satu kuliner malam di Bandung yang wajib Anda coba. Menawarkan jajanan Surabi menggugah selera, Surabi Geboy ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Di sini Anda bisa menikmati surabi dalam berbagai varian yang unik. Namun, salah satu varian yang menjadi primadona di Surabi Geboy ini adalah surabi varian durian. 

Salah satu surabi Bandung ini juga banyak digemari karena menyajikan surabi dalam porsi yang mengenyangkan. Mulai dari 5 ribuan saja Anda sudah bisa mencoba kelezatan surabi dengan cita rasa otentik. Dijamin kelezatan surabi durian Bandung di sini akan membuat Anda ketagihan!

  • Lokasi: Jl. Garuda No.79, Bandung. (Depan Prama Toserba kota Bandung)
  • Jam Operasional: 16.00 – 02.00

Serabi Kinca Suji-Eka Rasa

photo by @duniakulinerbdg

Surabi Bandung yang wajib Anda coba selanjutnya adalah Serabi Kinca Suji Eka Rasa. Sudah berdiri sejak tahun 1999, surabi khas Bandung ini telah menjadi jajanan legendaris yang menjadi destinasi favorit para wisatawan. 

Seperti namanya, Serabi Eka Rasa ini menawarkan sajian surabi kinca suji sebagai primadona. Tersedia 3 macam kinca yang bisa Anda pilih, yaitu kinca original, durian, dan juga rum. Kelezatan surabi pandan harum yang disajikan dengan kuah kinca legit ini akan menjadi kombinasi yang sempurna untuk Anda nikmati. 

Tidak hanya surabi kinca suji saja, tempat ini juga dikenal menyajikan sajian surabi oncom Bandung yang tidak kalah lezat. Menjadi surabi legendaris dan populer di Bandung, bahkan Serabi Kinca Suji Eka Rasa ini sudah pernah dikirim hingga ke Amerika lho! Jadi dijamin berbagai hidangan surabi di sini akan memanjakan lidah Anda. 

  • Lokasi: Jl. Lodaya No.31, Malabar, Kec.Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat. 
  • Jam Operasional: 07.00 – 18.00

Surabi Radja

Tidak kalah enak, Surabi Radja juga merupakan salah satu surabi Bandung yang layak untuk Anda coba. Terletak di tengah kota Bandung, Surabi Radja menawarkan sajian surabi dalam berbagai varian rasa kekinian. Tersedia surabi dengan berbagai pilihan toping seperti keju susu, oncom pedas, coklat keju, dan masih banyak lagi.

Sudah ada sejak tahun 2016, Surabi Radja masih digemari hingga kini karena menawarkan surabi dengan rasa yang lezat. Di sini Anda bisa menikmati surabi lembut dengan cita rasa otentik yang khas.

  • Lokasi: Blok A, Jl. Pluto Sel.II, Blok A No.16, Margasari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung. 
  • Jam Operasional: Senin-Kamis: 06.30 – 09.30 | 16.30 – 21.00 | Jumat & Sabtu: 06.30 – 09.30 

Baca Juga: 8 Martabak Enak di Bandung, Dijamin Otentik dan Banyak Varian Rasa!

Warung Surabi Cihampelas

photo by @eRGe

Warung Surabi Cihampelas juga merupakan salah satu tempat makan surabi Bandung yang telah banyak dikenal. Di sini Anda bisa menikmati surabi dalam berbagai varian toping kekinian yang menggugah selera. Tersedia surabi manis dan juga asin seperti surabi fla coklat, fla durian, telur mayonaise, oncom keju, dan masih banyak lagi. 

Selain pilihan rasa yang lengkap, berbagai sajian surabi di sini disajikan dalam ukuran yang cukup besar dan harga yang terjangkau. Mulai dari 6 ribuan saja Anda sudah bisa menikmati kelezatan surabi dengan cita rasa otentik. 

Bagi Anda yang ingin ke sini bersama teman-teman atau keluarga tenang saja ya. Karena, Warung Surabi Cihampelas juga hadir dalam tempat yang cukup luas dengan banyak tempat duduk. Tidak hanya itu, tersedia juga fasilitas live music yang akan menemani keseruan Anda menikmati surabi di sini. 

  • Lokasi: Jl. Cihampelas No.188, Bandung, Jawa Barat. 
  • Jam Operasional: 14.00 – 03.00

Itulah tadi 7 surabi Bandung legendaris yang wajib untuk Anda coba. Setelah melihat berbagai tempat tadi, apakah Anda semakin tertarik untuk mencoba jajanan yang satu ini? Yuk segera kunjungi tempat makan Surabi Bandung terdekat dari Anda! Setelah puas menikmati surabi nanti, jangan lupa juga untuk mampir ke Bolu Susu Lembang.

Butuh bantuan?